Kapolri Lantik Kapolda Bali dan Banten

Sertijab Kapolda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Timur Pradopo, melantik Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi dan Kapolda Banten Brigjen Pol Eddy Sumantri serta tiga perwira tinggi di lingkungan Polri lainnya.

Timur memerintahkan Kapolda Bali dan Kapolda Banten yang baru untuk menyiagakan diri. “Bali adalah representasi Indonesia, tujuan pariwisata yang menjadi barometer pengamanan nasional. Sedangkan Banten sebagai penyangga Ibukota, pintu gerbang geografis yang memiliki peran strategis,” kata Timur dalam sambutannya di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu 26 Desember 2012.

Kapolri mengatakan keberhasilan kepolisian mengamankan Bali merupakan pertaruhan Indonesia di mata dunia internasional. Oleh karena itu Kapolda Bali yang baru diminta turun segera ke lapangan. Terlebih akan digelar pemilihan kepala daerah di Bali dalam waktu dekat. “Pengalaman tindakan teror harus dijadikan acuan,” ujar Timur.

Polri juga menilai wilayah Banten sangat penting untuk pembangunan di Jakarta. Sayangnya, konflik sosial dan aksi terorisme masih menjadi ancaman di sana. “Maka perkuat fungsi intelejen,” kata Timur kepada Kapolda Banten yang baru.

Meskipun Kapolda Bali dan Kapolda Banten baru diangkat, namun menurut Timur mereka harus bertanggung jawab penuh atas tugas dan kewajiban yang diamanahkan. “Tidak ada waktu istirahat. Tidak ada besok atau lusa. Hari ini harus laporkan keadaan ke saya dan langkah apa yang harus dilakukan di Bali dan Banten,” ujar Timur.

Untuk tiga perwira tinggi lainnya, yaitu Komjen Pol Imam Sudjarwo sebagai Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Oegroseno sebagai Kabaharakam Polri, dan Irjen Pol Budi Gunawan sebagai Kalemdikpol Polri, Timur juga berpesan agar mereka segera bekerja. Dia berharap mereka mampu meningkatkan fungsi dan peran masing-masing lembaga yang dipimpin. “Kita songsong tahun 2013 yang lebih aman,” kata Timur.

Rotasi lima perwira tinggi Polri tersebut berdasarkan Telegram Rahasia bernomor ST/2456/XII/2012 tanggal 18 Desember 2012. Dalam surat tersebut, Brigjen Pol Eddy Sumantri yang sebelumnya menjabat Wakapolda Jatim, terpilih sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Pol Eko Hadi Sutedjo. Eko kini ditunjuk sebagai Gubernur Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah menggantikan Irjen Pol Anang Iskandar.

Selanjutnya, Komjen Pol Pratiknyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kabaintelkam, kini menjadi Pati Yanma Polri dalam rangka persiapan pensiun. Kemudian Komjen Pol Imam Sudjarwo yang sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri menjadi Kabaintelkam Polri, dan Komjen Pol Oegroseno yang sebelumnya Kalemdikpol Polri menjadi Kabarharkam Polri.

Jabatan Komjen Pol Oegroseno sebagai Kalemdikpol Polri diisi oleh Irjen Pol Budi Gunawan yang sebelumnya menjabat Kapolda Bali. Sementara Kapolda Bali dipercayakan kepada Irjen Pol Arif Wachyunadi yang sebelumnya bertugas sebagai staf ahli Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo bidang sosial dan politik.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau
Siswa SMK di Nias Selatan meninggal diduga dianiaya kepala sekolahnya

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

"Sanksi sementara terhadap kepala sekolah, kami memberikan sanksi sesuai dengan aturan. Saat ini, proses pembelajaran berlangsung tanpa kepala sekolah (dibebastugaskan).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024