Menteri Agama: Pembangunan Masjid Juga Pernah Ditolak Karena IMB

GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Natalan di Istana.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Menteri Agama Suryadharma Ali meminta semua pihak untuk melihat pokok permasalahan sebenarnya dari kasus jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Bogor dan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia Bekasi yang tidak bisa beribadah Natal di gereja mereka.

Para jemaat kedua gereja itu akhirnya menggelar ibadah Natal di depan Istana Negara demi menyuarakan aspirasi mereka kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun sejauh ini Presiden SBY belum menyinggung soal aksi para jemaat itu, termasuk dalam rapat kabinet paripurna di kantor Presiden RI semalam.

“Pak SBY tidak menyinggungnya karena perayaan Natal secara nasional aman. Jemaat Filadelfia dan Yasmin tidak bisa dijadikan rujukan untuk menilai keseluruhan, karena pokok masalah mereka ada pada Izin Mendirikan Bangunan,” kata Suryadharma kepada VIVAnews, Rabu malam 26 Desember 2012.

Soal IMB itu kemudian berlarut-larut sehingga menjadi masalah hukum. “Gereja Yasmin itu persoalannya pada IMB, lalu diselesaikan lewat hukum dan terjadi perbedaan interpretasi. Jadi soal pembangunan gereja Yasmin maupun Filadelfia itu urusan panitia pembangunan gereja kepada Pemda, bukan masalah agama,” ujar Suryadharma.

Menurutnya, persoalan IMB semacam itu bukan saja menimpa gereja, tapi juga rumah ibadah lain, termasuk masjid. Suryadharma kemudian mencontohkan persoalan perizinan pembangunan masjid yang tak keluar karena masalah IMB itu.

“Masjid yang dulu akan dibangun Menteri Perumahan Rakyat, Pak Djan Faridz, tidak mendapatkan izin karena masalah IMB. Padahal Pak Djan orang NU dan ketua wilayah NU, juga Betawi Islam. Sementara Pak Fauzi Bowo yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta juga orang NU dan Betawi Islam,” kata Suryadharma.

Namun, ujar Suryadharma, saat itu Djan Faridz tidak marah dan tidak demonstrasi karena rencana pembangunan masjidnya ditolak. “Jadi jangan seakan-akan yang ada masalah cuma gereja itu,” ujar politisi PPP itu. Ia menyesalkan masalah Yasmin dan Filadelfia dikesankan seolah-olah pemerintah menghambat peribadatan suatu agama.

“Tidak ada penghambatan atas agama lain,” kata Suryadharma. Ia mengatakan, siapapun yang akan mendirikan bangunan, apakah kantor, perdagangan, ataupun rumah tinggal, semua harus ada IMB-nya. “Sementara syarat IMB salah satunya ya harus ada izin tetangga. Harus ada jaminan tidak mengganggu tetangganya,” imbuh Suryadharma. (adi)

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024