KPK: Kementerian Jadi Sasaran Korupsi Elit Parpol

Laporan Akhir Tahun KPK 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis jumlah perkara korupsi ditangani selama tahun 2012. Selama setahiun ini, KPK melakukan 74 kegiatan penyelidikan, 68 penyidikan, dan 60 penuntutan--baik kasus baru maupun sisa tahun sebelumnya. Selain itu, KPK juga melakukan eksekusi terhadap 28 putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Dari kasus korupsi yang ditangani KPK, paling banyak melibatkan anggota DPR dan DPRD. Jumlahnya ada 16 perkara. Disusul perkara yang melibatkan kalangan swasta, yaitu 15 perkara, dan 7 perkara melibatkan pejabat Eselon I, II dan III. Sementara, dari jumlah itu, 32 perkara adalah kasus penyuapan, dan 10 lainnya merupakan kasus pengadaan barang/jasa.

Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, menjelaskan banyak aktor dalam tindak pidana korupsi yang ditangani itu. Di antaranya adalah elite partai politik, anggota DPR/ DPRD, calo anggaran, kalangan pebisnis, pejabat daerah, dan lain-lain. "Kementerian jadi sasaran elite parpol tertentu," ujar Busyro dalam konferensi pers akhir tahun 2012, di kantor KPK, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2012.

Menurut Busyro, kasus korupsi itu berkaitan dengan hajatan Pemilihan Umum tahun 2014. Sebab, masing-masing partai politik, termasuk para politikusnya yang akan menjadi calon anggota legislatif, "ingin berjaya di 2014." Karenanya, mereka membutuhkan pendanaan yang besar.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024