Kubu Soekarwo Klaim Didukung Golkar Lagi di Pilkada Jatim

Soekarwo alias Pakde Karwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews – Gubernur Jawa Timur yang akan maju lagi di Pilkada Jatim 2013, Soekarwo, mendengar kabar ia bakal diusung kembali oleh Partai Golkar di perhelatan politik provinsi paling timur Jawa itu.

Soekarwo mengatakan sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, khusus untuk membicarakan Pemilihan Gubernur Jatim yang akan digelar 29 Agustus 2013. “Saya bertemu Pak Ical di Jakarta. Pengumuman (dukungan Golkar) pertengahan Januari ini,” kata dia.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Jatim, Martono, mengatakan partainya memang cenderung mendukung Soekarwo. “Kemungkinan ke Soekarwo. Banyak masukan dan dorongan yang mengarah agar beliau maju jadi calon gubernur,” kata Martono, Rabu 2 Januari 2013.

Pengumuman dukungan Golkar ke salah satu kandidat calon gubernur Jatim akan diumumkan langsung oleh Aburizal, bersamaan dengan Rapat Kerja Daerah Golkar Jatim di Surabaya, 14 Januari 2012. Namun Martono belum berani memastikan arah dukungan partainya tak akan berubah hingga detik akhir.

Martono menyatakan, Golkar Jatim menyerahkan sepenuhnya keputusan soal dukung-mendukung itu ke tangan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar sebagai pengambil keputusan. Nama-nama cagub yang direkomendasikan DPD Golkar Jatim nantinya akan dibahas oleh Tim Pilkada Pusat.

“Golkar Jatim sudah mengirim enam nama yang dianggap layak memimpin Jatim. Selanjutnya, keputusan memilih ada di pusat. Kami akan menjalankan dan solid untuk memenangkan calon yang diputuskan,” ujar mantan Ketua Tim Pemenangan Soekarwo-Saifullah Yusuf pada Pilkada Jatim 2008 itu.

Jika benar Soekarwo didukung Golkar, maka sejauh ini ada empat partai politik yang berada di belakangnya, yakni Partai Demokrat (22 kursi di DPRD Jatim), Partai Golkar (11 kursi), Partai Gerindra (8 kursi) dan Partai Hanura (4 kursi).

Dukungan Kader PKS

Sebelum ini, hasil survei internal PKS yang mengambil responden 4.193 kader struktural di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur menunjukkan, Soekarwo dipilih 37 persen kader untuk tetap menjadi gubernur dan Saifullah Yusuf didukung 34 persen kader untuk tetap menjadi wakil gubernur.

“Soekarwo banyak dipilih kader di kawasan Mataraman seperti Nganjuk, Kediri, Ngawi, dan  Magetan, sementara Saifullah Yusuf unggul di kawasan Madura dan tapal kuda seperti Pasuruan, Probolinggo, sampai Banyuwangi,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Timur, Hamy Wahjunianto, 19 Desember 2012.

Hasil survei itu selanjutnya disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat PKS sebagai bahan pertimbangan partai untuk menentukan siapa calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim yang akan diusung. “Urusan Pilgub, 100 persen domain pengurus pusat,” ujar Hamy. (eh)

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024