Politisi PKS Rekomendasikan Fraksi Gagalkan Daming Jadi Hakim Agung

Pelantikan Hakim Agung
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Anggota Komisi III Bidang Hukum DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Indra, mengatakan Daming Sunusi (sebelumnya ditulis Daming Sanusi) tidak layak lolos menjadi hakim agung.

“Saya merekomendasikan Fraksi PKS untuk tidak memilih Pak Daming. Insya Allah, saya yakin Fraksi PKS tidak akan memilihnya,” kata Indra di Jakarta, Selasa 15 Januari 2013. Ia mengatakan, pernyataan Daming soal perkosaan telah menyakiti perasaan korban dan keluarga korban perkosaan.

Daming Sunusi dalam uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung oleh Komisi III DPR Senin kemarin, melontarkan peryataan kontroversial ketika ditanya salah seorang anggota komisi apakah ia akan menerapkan hukuman mati bagi pelaku perkosaan jika terpilih menjadi hakim agung.

“Kita harus melihat kasusnya terlebih dahulu. Kalau untuk narkoba dan korupsi, saya setuju hukuman mati. Tapi untuk kasus perkosaan, harus dipertimbangkan lebih dulu karena yang diperkosa dengan yang memerkosa sama-sama menikmati. Jadi harus pikir-pikir terhadap hukuman mati (bagi pelaku perkosaan)” kata Daming.

Indra pun menyesalkan ucapan yang keluar dari mulut Daming itu. “Pernyataan tersebut merefleksikan rendahnya kepekaan yang bersangkutan,” kata dia.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Indra memahami pernyataan Daming itu sesungguhnya merupakan candaan. “Tetapi candaan itu sangat tidak layak dan tak pantas dilontarkan oleh calon pemutus akhir sebuah perkara,” ujarnya.

Ia pun meminta Daming yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin untuk mengklarifikasi pernyataannya sekaligus meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat.

Daming sendiri usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan kemarin sempat mengatakan, ia hanya melontarkan candaan itu untuk mencairkan suasana. “Saya lihat situasi terlalu tegang. Jadi (saya bercanda) supaya ketegangan berkurang. Tadi kan akhirnya sempat ketawa sebentar,” kata Daming. (eh)

(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024