SBY akan Tulis Memoar soal Demokrasi Indonesia

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan demokrasi tidak menolerir kekerasan. Menurutnya, demokrasi menginginkan kedamaian, keadaban, dan kemanusian. Tidak ada pertentangan antara demokrasi dan Islam.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Lantas, apakah demokrasi Indonesia dalam arah yang benar?

Menjelaskan pertanyaan itu, SBY menceritakan diskusinya dengan seorang pakar dunia demokrasi. Menurutnya, banyak skenario yang bisa terjadi di Indonesia dalam masa transisi. Salah satunya, skenario Indonesia menjadi demokratis.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

"Itulah arah demokrasi kita saat ini. Ini akan saya tulis dalam memoar saya nanti," ujar SBY saat memberikan kuliah umum bertema Indonesia Demokrasi Outlook yang dihelat KNPI di Ruang Flores, Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa 15 Januari 2013.

Menurut SBY, demokrasi Indonesia dalam arah yang benar juga diperoleh dari dialog bersama sejumlah lembaga survei. Dia pun minta lembaga survei mengawal demokrasi.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

"Apakah institusi demokrasi kita sudah mapan? Saya jawab direct, belum," katanya.

Untuk itu, SBY mengajak seluruh komponen menjaga arah demokrasi di Indonesia. Reformasi, kata dia, merupakan arah berkesinambungan memperbaiki negara, dari yang buruk diganti dengan yang baik. (eh)

Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024