Gerindra: Daming Tak Layak Dipilih Jadi Hakim Agung

Daming Sunusi, calon hakim agung
Sumber :
  • VIVAnews/ Nur Eka Sukmawati

VIVAnews - Gerindra mengecam kelakar Daming Sunusi bahwa pemerkosa tidak perlu dihukum mati karena baik pemerkosa mapupun yang diperkosa sama-sama menikmati. Hal itu dilontarkan Daming saat uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung di Komisi II DPR, Senin kemarin.

"Hal tersebut sangatlah memalukan, apalagi  yang menyampaikan adalah seorang penegak hukum dan calon hakim agung," ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, dalam keterangan tertulisnya kepada VIVAnews, Selasa 15 Januari 2013.

Ungkapan Daming itu, menurut Fadli, tak pantas diucapkan oleh siapapun. Apalagi seorang calon Hakim Agung yang seharusnya mampu menjadi teladan masyarakat. Daming Sunusi juga dinilai tak patut menjadi penegak hukum, apalagi menjadi hakim agung.

"Ucapannya adalah cerminan bias gender dan insensitif. Daming Sanusi harus minta maaf pada masyarakat, karena ungkapannya melukai  publik, terlebih ketika ungkapan itu disampaikan dalam forum resmi dan terhormat," kata Fadli.

Fadli menyatakan penegak hukum mestinya menjadi pelopor gerakan penentangan terhadap tindakan pemerkosaan. Seperti yang terjadi di India pasca kejadian gang rape 16 Desember lalu,  saat semua elemen di India bergerak menentang pemerkosaan. Politisi parlemen hingga pemerintah India sampai turun tangan langsung menjemput korban perkosaan ke dan dari rumah sakit di Singapura.

"Ini contoh yang patut ditiru oleh para penegak hukum dan pemerintah kita. Bukan malah mengolok-olok isu perkosaan menjadi sebuah candaan," kata Fadli.

Oleh karena itu, Fadli menegaskan, Partai Gerindra melalui anggota fraksinya di Komisi III, telah memutuskan bahwa Daming tak layak dipilih sebagai Hakim Agung. Menurutnya, Daming layak didiskualifikasi atau secara berjiwa besar mengundurkan diri.

"Daming seharusnya didiskualifikasi atau mundur sebagai pertanggungjawaban moral atas ucapannya yang telah menyakiti publik," tandasnya. (eh)

Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh
Perempuan usia 9 tahun di India jadi viral lantaran mampu mengangkat beban hingga 75 kg.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Perempuan berusia sembilan tahun di India mendapat julukan 'female version of Hercules' alias Hercules Perempuan, lantaran kuat mengangkat beban hingga 75 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024