SBY: Tidak Masalah Istana Kebanjiran

Lokasi Banjir Jakarta 2
Sumber :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa

VIVAnews - Tinggi muka air Kali Ciliwung terus naik. Pada pukul 09.00 WIB, pintu air Manggarai sudah mencapai 1.020 centimeter. Kondisi ini sudah jauh di atas batas Siaga I yang hanya 950 centimeter.

Dengan kondisi demikian maka wilayah Jakarta yang terendam banjir dipastikan akan makin meluas. Kondisi ini ditambah dengan banyaknya titik-titik genangan air akibat hujan yang terjadi sejak malam hari.

 Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah melaporkan perkembangan terkini kepada Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada pukul 09.10 WIB, mengenai ancaman banjir dan upaya penanggulangannya.

Dengan tinggi muka air 1.020 centimeter, kemungkinan debit sungai Ciliwung sebagian dialihkan ke Sungai Ciliwung lama. Jika tidak maka dikhawatirkan tanggul Kanal Banjir Barat dapat jebol dan banjir makin meluas.

Kepada BNPB, Presiden SBY menyampaikan, "Tidak masalah Istana terendam banjir. Yang penting masyarakat terlindungi. Lakukan upaya penanggulangan banjir dengan mengerahkan seluruh potensi nasional yang ada. Tetap semua mendukung Pemda DKI dan memberikan pendampingan. Untuk nasional semua di bawah kendali Kepala BNPB. Pantau terus perkembangan dan laporkan ke Presiden upaya penanggulangannya," kata SBY kepada BNPB.
 
Posko nasional penanggulangan banjir Jakarta dan sekitarnya telah ditetapkan di Kantor Kementerian PU, Jakarta. Siang ini pukul 10.00 WIB, Kepala BNPB melakukan rapat dengan Gubernur DKI, Jokowi, di Balai Kota untuk berkoordinasi melakukan penanggulangan banjir.
 
Update tinggi muka air sunga-sungai lain pada pukul 09.00 WIB:

Katulampa 100cm (siaga III)
Depok 230cm (siaga III);
Angke Hulu 115cm (siaga IV);
Pesanggrahan 135cm (siaga IV);
Krukut Hulu 150cm (siaga IV);
Cipinang Hulu 130cm (siaga IV);
Sunter Hulu 90cm (siaga IV);
Karet 730cm (siaga I);
Pulogadung 710cm (siaga II);
Pasar Ikan 180cm (siaga II)

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024