NASIONAL

Akhir Pekan Ini, Bandung Sosialisasi Aturan 4 in 1

Sosialisasi dilakukan guna melihat respons masyarakat pengguna jalan.

ddd
Kamis, 17 Januari 2013, 20:03 Eko Priliawito, Riefki Farandika Pratama (Bandung)
Macet di jalan tol
Macet di jalan tol (Antara/ Saptono)

VIVAnews - Pengguna jalan yang menuju Kota Bandung yang masuk melalui gerbang Tol Pasteur atau perempatan Suryasumantri harus berisi empat orang penumpang. Pada Jumat dan Sabtu, program 4 in 1 akan mulai diuji coba kepada masyarakat.

Pada Jumat, 18 Januari 2013, Sistem itu akan dicoba mulai pukul 15.00 sampai 18.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu, akan dimulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Jam tersebut dipilih berdasarkan tingkat kepadatan yang sering terjadi ketika akhir pekan dan liburan panjang datang.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Yully Kurniawan mengatakan, sosialisasi dilakukan guna melihat respons masyarakat perihal program ini, sebelum nantinya dipermanenkan dan diterapkan setiap akhir pekan tiba.

"Untuk Jumat dan Sabtu kita turunkan 100 personel sepanjang jalur 4 in 1. Mulai gerbang keluar Tol Pasteur atau jalan Djunjun hingga perempatan Sukajadi serta jalur alternatif dan jalur bebas 4 in 1," katanya, Kamis, 17 Januari 2013.

Lebih lanjut Yully menjelaskan, apabila ada kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Pasteur namun berpenumpang kurang dari empat orang, tidak akan ditilan, tapi akan dialihakan melalui jalur alternatif non 4 in 1.

"Nanti akan diarahkan anggota untuk melewati jalur alternatif baik lewat Suryasumantri atau lewat Gunung Batu. Sudah menyiapkan rambu-rambu penunjuk arah yang bisa membantu pengendara," katanya.

Pengguna yang berpenumpang kurang dari empat orang diimbau menggunakan akses gerbang tol lain. "Kita antisipasi jika nantinya jalur non 4in1 padat, kendaraan bisa menggunakan gerbang tol lain untuk masuk ke Bandung, seperti Buah Batu, Pasir Koja atau Moh Toha," ucapnya.

Diapun berharap program ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. "Kita harapkan responnya positif atau paling tidak masukan kepada kita agar kedepannya bisa kita perbaiki," tutupnya

Jalur alternatif yang disiapkan oleh Satlantas Polrestabes sejak keluar gerbang tol Pasteur adalah masuk Jalan Suryasumantri - Sutami -Sindangsirna - Sukajadi -Setiabudi -Cipaganti.

Atau alternatif yang kedua adalah masuk jalan Gunung Batu - Kapten Tatanegara/Husein - Pajajaran dan masuk ke HOS Cokroaminoto/Pasirkaliki.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com