VIDEO: Isu SARA, Toko-toko di Jember Dirusak Massa

Penganut Syiah di Sampang mengungsi dikawal polisi
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVAnews - Konflik yang dilatarbelakangi isu SARA di Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur hingga saat ini belum juga menemukan titik damai dari kedua belah pihak. Jumat 25 Januari 2013 petang hingga malam, sejumlah toko milik warga Syiah di Puger dirusak sekelompok orang yang diduga dari warga Sunni.

Orang-orang yang mengatasnamakan kelompok Sunni ini jalan kaki sepanjang jalan Puger sambil menenteng senjata tajam. Kelompok Sunni melakukan sweeping terhdap warga Syiah yang sedang merayakan hari keagamaan di wilayah Puger, Jember.

Aksi kelompok Sunni ini membuat sejumlah warga ketakutan. sejumlah ruko milik kelompok Syiah dirusak sedangkan aparat kepolisian pun tidak dapat berbuat banyak.

Pada malam hari, kelompok Sunni melakukan konvoi untuk kembali melakukan sweeping terhadap warga Syiah. Namun, aksi mereka dihadang anggota polisi Polres jember. Dua orang diamankan polisi karena kedapatan membawa senjata tajam. Polisi khawatir kelompok ini akan menyerang Pondok Jamaah Syiah.

"Ada dua kelompok berhadapan. untuk menghindari korban maka kita lakukan sweeping terhadap kelompok tertentu. Kami tidak melihat kelompok mana, tapi kami amankan dua orang yang membawa senjata tajam," kata Kapolres Jember, AKBP Jayadi.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Sekitar 600 orang aparat gabungan TNI-Polri diturunkan di lokasi kejadian untuk menghindari aksi balas dendam. (umi)

Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Guru Besar Hukum Internasional (UI) Hikmahanto Juwana menyarankan agar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi segera menghubungi Menlu Iran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024