Menkumham: Narkoba, Tak Ada WN Asing Ditangkap

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Amir Syamsuddin
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin membantah penangkapan tiga orang narapidana yang merupakan warga negara Nigeria, Singapura, dan Malaysia. Hal tersebut bertentangan dengan rilis Polda Metro Jaya di mana ada 16 tersangka sindikat narkoba internasional yang dikendalikan dari dalam penjara.

Dari 16 tersangka tersebut, dua tersangka merupakan penghuni LP Nusakambangan (warga negara Singapura dan Nigeria) dan empat tersangka merupakan penghuni LP Cipinang (3 WNI dan satu WN Malaysia).

"Tak ada penangkapan. Apa yang diberitakan kemarin perlu ada yang kami luruskan," kata Amir dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2013.

Amir menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi adalah warga negara Malaysia bernama LEE pernah dipinjam untuk pemeriksaan oleh Polres Bandara Soekarno-Hatta selama satu hari pada 11 Januari 2013. "Setelah diperiksa, LEE dikembalikan ke LP Cipinang," ujar Amir.

Sementara warga negara Singapura berinisial TAN juga tidak pernah ditangkap oleh Polda Metro Jaya. TAN pernah dipinjam oleh Polda Metro Jaya untuk diperiksa, dan setelah menjalani pemeriksaan langsung dikembalikan ke LP Cipinang.

"TAN tidak ditangkap, tapi dibon (dipinjam untuk diperiksa) Polda dari Cipinang pada 8 Januari," ungkapnya.

Selain itu, Amir menegaskan bahwa warga negara Nigeria bernama Adam Wilson alias OGE juga tidak pernah diperiksa dan ditangkap oleh Polda Metro Jaya.

"Adam Wilson sama sekali tidak pernah dibon Polda Metro, apalagi ditangkap," tegas dia.

Menurut Amir, Adam Wilson berada di Jakarta sejak November 2012 karena dipinjam oleh BNN untuk diperiksa, dan dititipkan di LP Cipinang.

"Yang namanya Adam, warga negara Nigeria tidak pernah ditangkap Polda, tapi dibon BNN, dan selama di Cipinang tidak pernah dibon siapapun. Fakta ini jadi berbeda dengan rilis yang diterima dari Polda," tuturnya. (eh)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024