NASIONAL

Ada Batu Mirip Lengkung Atas Pintu di Gunung Padang

Ditemukan di Situs Gunung Padang, situs kebudayaan Megalitikum.
Minggu, 3 Februari 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna
Batu melengkung yang ditemukan di Situs Gunung Padang, Cianjur.

VIVAnews - Tim Terpadu Riset Mandiri 2012 baru-baru ini mengumumkan hasil ekskavasi (penggalian yang dilakukan di tempat yg mengandung benda purbakala) di situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Salah satu yang menarik perhatian adalah batu melengkung.

Tim riset, yang dipimpin arkeolog DR Ali Akbar, menemukan batu melengkung tersebut di kedalaman dua meter. Fragmen atau pecahan batu melengkung ini cukup mengejutkan, karena bentuknya berbeda dibandingkan dengan columnar joint (andesit dengan bentuk khas) yang secara alamiah berbentuk lurus dan irisannya segi lima.

Sementara batu melengkung ini memiliki penampang segi empat. "Lengkungan yang terlihat semacam setengah lingkaran ini jelas menunjukkan hasil kreasi manusia, yakni dipahat sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk melengkung," kata DR Ali Akbar, melalui surel yang diterima VIVAnews, 3 Februari 2013.

Menurut hipotesa tim, batu itu diduga sebagai lengkungan bagian atas pintu bangunan. Seperti apa bentuk utuh dan apa fungsinya, Tim Terpadu Riset Mandiri akan menelusurinya lebih lanjut di tahun 2013 ini, termasuk menelusuri konstruksi bangunan yang terpendam mulai dari 2 meter itu.

Saat ini, masyarakat umum bisa berkunjung ke Gunung Padang untuk menikmati konstruksi batuan di permukaan tanah, yang diduga sebagai situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum.

Situs Gunung Padang disusun dari batuan alami yang dalam ilmu geologi disebut columnar joint. Columnar joint merupakan sejenis andesit dengan bentuk yang khas.

Akibat proses pembentukannya di dalam perut bumi, columnar joint akhirnya berbentuk penampang segi lima dan berukuran panjang-panjang seperti kolom.

Batuannya adalah batuan alami yang kemudian ditambang atau dipotong oleh masyarakat di masa silam, kemudian disusun sedemikian rupa sehingga berbentuk bangunan berteras atau berundak yang monumental.

Cara manusia masa lalu menyusun batuan menunjukkan tingkat kemahiran, keakuratan, dan kecermatan yang luar biasa.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found