Dinilai Untungkan Incumbent, Bantuan Desa Jabar Ditunda

Ribuan sepeda motor hibah untuk Kepala Desa dan Lurah se-Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Dana bantuan untuk desa di Provinsi Jawa Barat sebesar masing-masing Rp100 juta dinilai sarat muatan politis bila dicairkan sebelum pelaksanaan pilgub Jawa Barat, 24 Februari mendatang.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Anggota Komisi D DPRD Jawa Barat, Buyung Iksal, mengatakan, pencairan dana bantuan desa dari APBD Jawa Barat 2013, yang terkesan mendadak sebelum pelaksanaan pilgub, jelas adalah strategi untuk melanggengkan kekuasaan calon gubernur petahana.

"Semua incumbent melakukan ini. Makanya, kami di dewan sudah sepakat untuk tidak menyetujui pencairan yang dilakukan sebelum pilgub," ujar politisi Partai Amanat Nasional tersebut, Sabtu 9 Februari 2013.

Sebelumnya, calon gubernur petahana, Ahmad Heryawan, melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mendorong agar dana bantuan desa bisa dicairkan pada 28 Januari hingga 7 Februari 2013, atau sebelum pelaksanaan pilgub Jawa Barat.

"Dewan sebelumnya sudah memanggil asisten daerah, plt sekda, dan kabag keuangan, agar dana itu tidak dicairkan sebelum pilgub, untuk menghindarkan dampak politis yang terjadi," ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Bekasi tersebut.

Karena tidak disetujui, maka pencairan dana bantuan desa baru akan dicairkan sesuai jadwal, yakni pada Maret hingga April 2013. "Bukan kami tidak mau cepat. Saya juga banyak usulan bantuan dari aspirasi kepala desa, itu saja sampai sekarang tidak ada kejelasan," kata Buyung. (art)

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks
Ilustrasi tambal ban mobil.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Jabodetabek.terkini pada Sabtu, 20 April 2024, terdapat sebuah video memperlihatkan mobil Toyota Avanza kehilangan ban.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024