Dua Kelompok Papua Adu Jotos di Gedung DPR

Rapat Paripurna ke-11
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dua kelompok masyarakat Papua yang tengah menunggu rapat di Komisi II terlibat adu jotos, Selasa 19 Februari 2013. Kedua kelompok itu tiba-tiba bentrok di depan ruang rapat Komisi II, Gedung Kura-Kura, kompleks DPR. Tidak diketahui bagaimana awal mula mereka saling pukul.

Namun, yang pasti, saat ini Komisi II DPR tengah membahas usulan pembentukan Kabupaten Tambrauw sebagai pemekaran dari Kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Menurut keterangan dari beberapa saksi yang melihat awal mula terjadinya adu jotos, kedua kelompok itu terlibat pembicaraan singkat mengenai pembahasan pemekaran wilayah di daerahnya.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Namun, salah satu orang yang mengikuti jalannya perbincangan tidak terima dengan pernyataan salah satu orang dari kelompok yang berbeda. Hingga akhirnya, saling pukul dan saling kejar.

"Mereka awalnya ngobrol-ngobrol, lalu cekcok mulut, lalu ada yang lari dan ada yang dipukul," kata salah satu saksi mata yang berada di tempat itu.

Tambrauw saat ini sudah sah menjadi kabupaten karena telah diatur dan disahkan dalam UU Pemekaran Wilayah di Papua Barat. Namun, sengketa batas wilayah antara kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat tak luput dari perhatian Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB). Sengketa wilayah kerap terjadi antara Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Tambrauw, terutama di empat distrik.

Karena itu, Komisi II DPR membahas mengenai permasalahan yang kerap terjadi terkait batas wilayah itu.

Gedung Merah-Putih KPK

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Presiden terpilih Prabowo Subianto, dikatakan tidak perlu menyetor nama-nama calon menteri, kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Apalagi nama-nama itu distabilo tertentu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024