Jelang Pilkada Jabar, Modus Politik Uang Lewat Jamaah Masjid

Pembagian nomor urut peserta Pilkada Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Jelang pencoblosan pemilihan Gubernur Jawa Barat, polisi mengantisipasi serangan fajar. Pencoblosan akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Februari 2013.

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

"PoIitik uang pelanggaran. Kami tidak ingin terjadi. Saya siapkan anggota untuk antisipasi," kata Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Tubagus Anis Angkawijaya di Bandung, Rabu 20 Februari 2013.

Menurut dia, politik uang selalu muncul jelang pencoblosan kepala daerah, dan modusnya beragam. Anis menjelaskan ada perubahan pola dalam politik uang dan serangan fajar beberapa tahun terakhir. "Polanya tidak lagi door to door mendatangi rumah. Sekarang salah satu modusnya memanfaatkan jamaah masjid," ucap dia.

Waktu rawan politik uang terutama usai Salat Subuh, beberapa jam sebelum pencoblosan di tempat pemungutan suara. "Contohnya, pencoblosan berlangsung pukul 07.00 WIB, tapi pada pukul 05.00 WIB pelaku menyambangi masjid untuk memberikan amplop berisi uang."

Karena itu polis telah menyiapkan langkah pengamanan khusus dengan melibatkan fungsi satuan intelijen, dan menyebar anggota polisi di lokasi rawan politik uang. "Kalau ada praktik politik uang, kamiĀ  pasti memproses sesuai aturan hukum berlaku," ucapnya. (sj)

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri

Torino Vs Juventus, Pemain Ini Kena Sentil Allegri

Duel Torino vs Juventus dalam lanjutan Serie A di Olympic Grande Stadium, Sabtu malam WIB 13 April 2024 berakhir imbang tanpa gol. Massimiliano Allegri pemain mudanya.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024