Menteri Lingkungan: Hutan Kalimantan Dirusak Tambang

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya
Sumber :

VIVAnews - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan kerusakan hutan di Kalimantan merupakan imbas dari pembangunan ekonomi. Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk, Kambuaya berharap pembangunan ekonomi lebih memperhatikan kondisi lingkungan.

"Di Indonesia, titik berat pembangunan adalah pertumbuhan dan Kalimantan betul-betul menjadi sumber pendapatan negara. Sehingga berdampak pada kondisi lingkungan yang sekarang ini," kata Balthasar saat menghadiri rapat koordinasi ekoregion Kalimantan di Pontianak, Rabu 27 Februari 2013.

"Pembangunan yang mengutamakan pertumbuhan mengancam lingkungan hidup, karena adanya eksploitasi berlebihan. Beberapa konferensi internasional telah diselenggarakan dalam rangka perlindungan lingkungan hidup di seluruh dunia."

Menurut Balthasar, Kalimantan memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Hasil tambang juga banyak  tersimpan di bumi Kalimantan. Namun, pengelolaan kekayaan bumi Kalimantan itu rupanya tidak bagus, sehingga malah merusak alam. Kalimantan pun menjadi sorotan dunia karena kesalahan mengelola lingkungan itu.

"Kesalahan dalam mengelola hutan menjadi sorotan dunia internasional saat ini. Sekitar 41 persen dari cadangan batubara nasional ada di Kalimantan, 9 persen  cadangan minyak nasional ada di Kalimantan, dan  11 persen gas nasional ada di Kalimantan," kata Balthasar.

Balthasar menambahkan, saat ini kawasan hutan di Kalimantan sudah banyak yang digunakan untuk bisnis. "Sekitar 58 juta hektar atau 72 persen sudah menjadi tempat bisnis, padahal kalau  kita lihat Peraturan Presiden 40 persen Kalimantan merupakan kawasan konservasi," katanya.

Sementara itu, menurut Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, mayoritas izin perkebunan yang dikeluarkan oleh para bupati di wilayahnya tidak menyisakan daerah untuk konservasi. "Hanya ada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kayong Utara yang sudah membuat area konservasi. Perlu menata lingkungan yang baik mulai dari rumah tangga," katanya. (eh)

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024