Bambang Soesatyo Bantah Ada Pertemuan dengan Djoko Susilo

Rapat Timwas Century Di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Anggota Komisi III Bidang Hukum DPR, Bambang Soesatyo, membantah ada pertemuan dengan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat simulator SIM, Irjen Pol Djoko Susilo, untuk membahas proyek simulator itu.

“Saya sudah sampaikan ke KPK, tidak ada pertemuan-pertemuan selain yang ada di DPR,” kata politisi Golkar itu usai diperiksa penyidik KPK sebagai saksi terkait mekanisme pembahasan anggaran proyek pengadaan simulator SIM di Korps Lalu Lintas Mabes Polri tahun 2011-2012.

Selain Bambang, KPK juga memeriksa tiga anggota DPR lain, yaitu mantan Ketua Komisi III Benny Kabur Harman dari Fraksi Demokrat, Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin dari Fraksi Golkar, dan anggota Komisi III Herman Heri dari Fraksi PDIP. Mereka diperiksa secara terpisah.

Sebelumnya, Nazaruddin dalam pemeriksaannya menuding Bambang dan rekan-rekannya di Komisi III terlibat proyek simulator SIM. “Maka hari ini kami klarifikasi pernyataan Nazaruddin,” kata dia di kantor KPK, Kamis 28 Februari 2013. Ini merupakan pemeriksaan perdana Bambang.

Anggaran tak lewat DPR

Selain mengkonfirmasi pernyataan Nazaruddin yang disebutnya tidak benar, Bambang juga menjelaskan mekanisme anggaran yang dibahas dan disetujui di Komisi III DPR. Menurutnya, anggaran yang digunakan untuk proyek simulator SIM tidak menggunakan APBN, tapi Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

“Sedangkan dana PNBP tidak dibahas di DPR,” ujar Bambang. Menurutnya, sesuai ketentuan, penggunaan anggaran PNBP tidak melalui persetujuan DPR, melainkan persetujuan Menteri Keuangan.

Sementara itu, Aziz Syamsuddin enggan berkomentar terkait pemeriksaannya. “Nanti kita lihat perkembangan,” kata Aziz sambil menuju ke mobil. Herman Heri juga tak berkomentar dan bergegas pergi.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024