Malaysia-Sulu Berperang, 600 TKI di Sabah Diungsikan

Pasukan Malaysia mengepung desa di Sabah yang dikuasai Kesultanan Sulu
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Sebanyak 600 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di perkebunan kelapa sawit di Felda Sahabat Blok 17, Sabah, Malaysia, diungsikan. Evakuasi dilakukan karena kondisi keamanan sedang tidak menentu, setelah terjadi baku tembak antara pasukan Malaysia dengan Kesultanan Sulu, yang bersengketa atas wilayah Sabah.

"Mereka sudah diamankan, tidak perlu dipulangkan karena sudah selesai juga," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI, Jumhur Hidayat, di Jakarta, Senin 4 Maret 2013. "Mereka diungsikan di perkebunan yang jauh dari kontak senjata."

Dia menambahkan, upaya evakuasi para TKI dilakukan sejak 12 Februari 2013. Konsulat Jendral Republik Indonesia di Sabah bekerjasama dengan Felda (perusahaan perkebunan di Malaysia) dan Kepolisian Daerah Sabah untuk proses evakuasi ini.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Jumhur memastikan, saat terjadi kontak senjata kemarin, tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban. Untuk memastikan keselamatan para TKI, BNP2TKI juga sudah berkoordinasi dengan konsulat di Tawau, Kinabalu.

Untuk diketahui, terdapat 52 blok perkebunan di wilayah Sabah. Di wilayah itu, ada 8.000 warga negara Indonesia yang bekerja di perkebunan-perkebunan. Namun, hanya ada 600 TKI yang bekerja di blok 17. (umi)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024