Hitung Manual Pilkada Sumut, PDIP Klaim Jadi Pemenang

Effendi Simbolon dan Djumiran Abdi calon no urut 2 pilkada Sumut
Sumber :
  • Antara/ Irsan Mulyadi
VIVAnews -
Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS
Kepala Badan Hukum dan Advokasi DPP PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengklaim pasangan Effendi Simbolon - Jumiran Abdi (ESJA) pemenang Pemilihan Gubernur Sumatera utara periode 2013-2018 yang digelar pada 7 Maret 2013 lalu. "Kami sudah selesai melakukan penghitungan suara secara manual. Pasangan ESJA pemenangnya," kata Arteria dalam keterangan persnya. 

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Mengutip hasil perhitungan manual PDI Perjuangan, kata dia, pasangan Cagub dan Cawagub nomor urut 2 itu, unggul di 14 kabupaten/kota di Sumut, yaitu: Kabupaten Gunung Sitoli, Karo, Samosir, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tobasa, Simalungun, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Humbahas, Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Sibolga, dan Tanjung Balai.
Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia


Menurut hasil perhitungan yang dilakukan dari seluruh Tempat Pemungutan Suara, PDI Perjuangan mengaku mengantongi 32 persen suara, sedangkan pasangan Gatot - Tengku Erry (Ganteng) yang merupakan pemenang versi hitung-cepat berada di urutan kedua dengan 29 persen.


"Menurut perhitungan kami dari seluruh TPS yang ada, jumlah suara pasangan Ganteng tidak sampai 30 persen. Soal hitungan
real
-nya saya tidak ingat persis, nanti akan kami sampaikan lebih rinci," ungkapnya. Untuk itu, kata dia, PDI Perjuangan akan mengawal ketat penghitungan suara resmi di Komisi Pemilihan Umum.


Menurut hitung-cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Indo Barometer, pasangan Ganteng unggul atas ESJA. Menurut LSI, Ganteng meraih 32,14 persen suara. Disusul di posisi kedua, pasangan yang disokong PDI Perjuangan Effendi Simbolon - Djumiran Abdi dengan 26,71 persen suara. Sementara pasangan Gus Irawan - Soekirman berada di urutan ketiga dengan 19,52 persen.


Hasil serupa dirilis lembaga survei Indo Barometer. Pasangan Ganteng meraih 32,9 persen. Sementara Effendi - Djumiran (23,9 persen), Gus Irawan - Soekirman (21,86 persen). Di urutan keempat adalah Amri Tambunan dan RE Nainggolan yang memperoleh 12,41 persen. Pasangan ini diusung Partai Demokrat. Sebelumnya Amri menjabat sebagai Bupati Deli Serdang. RE Nainggolan pernah menjabat sebagai Sekda Sumut dan Bupati Tapanuli Utara. Di peringkat terakhir adalah Chairuman Harahap dan Fadly Nurzal yang diusung Partai Golkar, PPP, Partai Buruh, Partai Republika Nusantara, dan Partai Pemuda Indonesia (PPI) dengan perolehan suara 9,22 persen. (kd)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya