Hati-hati, Gunung Dieng Status Waspada

kawah dieng
Sumber :
VIVAnews
Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Dieng dari status normal menjadi waspada. Hal tersebut dilakukan dikarenakan hasil pemantauan visual dan konsentrasi gas CO2 di Kawah Timbang Gunung Dieng yang menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Berdasarkan pantauan PVMBG hingga pukul 17.05 WIB Senin 11 Maret 2013 kemarin aliran gas masih terjadi dengan jarak aliran gas mencapai lebih dari 200 m. Pada 7-9 Maret 2013 teramati adanya aliran gas CO2 dari Kawah Timbang ke arah selatan sejauh 50-100 m dari lubang kawah.
Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih


Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB,  DR. Sutopo Purwo Nugroho melalui rilisnya kepada
VIVAnews
mengatakan, "Asap kawah putih sedang dengan tekanan lemah - sedang, angin bertiup lemah ke selatan. Bau belerang tercium kuat, tidak tampak adanya sublimasi belerang dan tidak terdengar suara blazer dan di sekitar Kawah Timbang ditemukan kucing yang mati," tulisnya.


Pada hari Minggu 10 Maret 2013, dipantau teramati gas CO2 dari Kawah Timbang mengarah ke selatan dengan jarak aliran mencapai 80 m dari lubang kawah. Kawah Sileri, Kawah Sinila, Kawah Siglagah, Kawah Conrodimuko dan Kawah Sikidang tidak terjadi perubahan secara visual.


"Pemantauan kegempaan Gunung Dieng tidak menunjukkan perubahan yang signifikan," kata Sutopo.


Dalam rilisnya juga disebutkan sejak tanggal 7-8 Maret 2013 pukul 05.30 WIB saat gas CO2 keluar dari Kawah Timbang, menunjukkan 0,01% volume. Sedangkan pada 9 Maret pagi konsentrasi gas CO2 0,73% volume dan pada sore 1,42% volume. Pada 10 Maret pukul 05:30 WIB menjadi 0,71% volume. Nilai konsentrasi gas CO2 Kawah Timbang pada 9-10 Maret sudah melampaui ambang batas aman bagi kesehatan yaitu dibawah 0,5% volume.


"Masyarakat dihimbau tetap tenang dan waspada. Diminta tidak mendekat di Kawah Timbang. Belum perlu ada evakuasi," tegas Sutopo.


Saat ini di Indonesia terdapat 5 gunung status Siaga (Raung, Rokatenda, Ijen, Karangetang, Lokon) dan 18 gunung berstatus waspada (Dieng, Seulawah Agam, Papandayan, Dukuno, Sinabung, Marapi, Tangkubanperahu, Soputan, Semeru, Krakatau, Gamkonora, Talang, Bromo, Ibu, Kerinci, Ili Lewotolo, Sangeangapi dan Gamalama).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya