Danyon Armed Martapura Jadi Tersangka Penyerangan Polres OKU

Mapolres Oku di Bakar
Sumber :
  • ANTARA/Nila Tina
VIVAnews
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
- Dua dari enam tersangka kasus penyerangan ke Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan, segera dikirim ke Mahkamah Militer untuk menjalani persidangan. Salah satunya adalah Komandan Batalyon Armed Martapura.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Komandan Batalyon Armed 15/76 Martapura Mayor RM Efien Anindara masih dilengkapi berkas BAP-nya," kata Pangdam II Sriwijya, Mayor Jenderal Nugroho Widyatomo kepada
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
VIVAnews , Kamis, 14 Maret 2013 .


Hingga kini masih terus dilakukan pemeriksaan terhadap lima tersangka selain. Mereka adalah Danyon Armed, Serma HMF, Praka DM, Sertu IR, Koptu EY, dn Pratu TM.


Semula, tim investigasi penyerangan Mapolres OKU dari TNI memeriksa 30 anggota TNI di Kodam II Sriwijaya Palembang. Lalu menyusut menjadi 14 orang, dan terakhir menjadi 6 orang tersangka, satu di antaranya adalah Komandan Batalyon.


"Telah ditetapkan sebanyak enam orang personel dari Yon Armed sebagai tersangka, meski demikian pemeriksaan akan terus berlanjut sesuai perkembangan," katanya.


Pangdam juga menambahkan, konflik ini bukan antara TNI dan Polri, karena saat kejadian anggota TNI dari Kodim, Dodiklatpur dan Corp CPM membantu mengevakuasi Korban dari  Polres. Bahkan senjata api dan tahanan Polres juga dibantu diamankan di Koramil setempat.


Diketahui, Kedatangan personel Yon Armed ke Mapolres OKU awalnya untuk menanyakan proses hukum kasus tewasnya Pratu Heru Oktavianus yang tewas diduga karena ditembak anggota Polantas dari Polres OKU, Brigadir Wijaya.


Namun, saat tiba di OKU terjadi   salah paham. Anggota Yon Armed melakukan pembakaran. Karena itu, Pangdam mengatakan, kekompakan untuk damai tidak hanya dilakukan pucuk pimpinan TNI tapi juga pada level bawah.


“Kita menekankan kepada personil TNI agar selalu  menjaga kekompakan  antara TNI dan Polri hingga ke bawahnya, terutama pasca kasus di Ogan Komering Ulu,” ujar Jenderal Bintang dua ini.


Laporan: Jun Patra/ Sumsel, eh.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya