Muhammadiyah dan NU Akan Teken MoU dengan Vatikan

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin
Sumber :
  • ANTARA/ Reno Esnir
VIVAnews -
CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang
Dua organisasi Islam besar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, sepakat untuk menandatangani nota kesepahaman dengan Vatikan pada akhir tahun ini.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut hasil kunjungan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, ke Vatikan pada 8 Maret tahun lalu, yang salah satunya membahas soal intensifikasi dialog antar agama.
Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya


Din menolak untuk menyebut detail poin yang terkandung di dalam nota kesepahaman tersebut. Tetapi, dia mengatakan, inti kesepakatan tersebut masih seputar harmonisasi hubungan antara Vatikan dengan umat Islam Indonesia.


"Inti MoU itu masih membahas mengenai bagaimana hubungan antara Vatikan dan umat Islam Indonesia supaya lebih harmonis. Selain itu, dibahas mengenai perlindungan umat Katolik di Indonesia serta upaya intensif untuk melanjutkan forum dialog antar umat beragama," kata Din Syamsuddin, Kamis 14 Maret 2013.


Menurut Din, jika kesepakatan ini ditandatangani, akan menjadi nota kesepahaman kedua yang diikat antara Muhammadiyah dan sebuah perwakilan umat Katolik. Sebelumnya, pada tahun lalu, Muhammadiyah juga meneken kesepakatan dengan ormas Katolik bernama Sant'Egidio.


Nota kesepahaman ditandatangani di kantor pusat PP Muhammadiyah oleh Presiden Sant'Egidio, Marco Impagliazzo dan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, pada 25 April 2012. Isinya terkait upaya bersama dalam menjalin harmonisasi hubungan antar umat beragama. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya