Timwas Century DPR Panggil Gita Wirjawan Hari Ini

Gita Wirjawan
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews – Tim Pengawas Kasus Bank Century DPR memanggil Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Rabu 20 Maret 2013, untuk dimintai keterangan terkait kasus pemberian dana talangan terhadap Bank Century yang diduga merugikan negara Rp6,7 triliun.

“Nanti jam 10.00 pagi Gita Wirjawan hadir di DPR,” kata anggota Timwas Century, Bambang Soesatyo. Timwas memanggil Gita untuk minta penjelasan terkait dugaan tindak pidana pencucian uang oleh Ancora Group, di mana Gita pernah menjadi pemegang sahamnya. Ancora pernah diduga menerima aliran dana Bank Century.

“PT GNU (Graha Nusa Utama) dan PT NUS (Nusa Utama Sentosa) diduga terlibat tindak pidana pencucian uang dari PT Antaboga Delta Securitas dan Bank Century,” kata Bambang. Selanjutnya, PT GNU dan PT NUS diakuisisi oleh Ancora senilai Rp65 miliar.

PT GNI dan NUS diketahui membeli tanah Yayasan Fatmawati yang merupakan lapangan golf seluas 22 hektare. Aset tersebut ternyata berasal dari penggelapan dana nasabah PT Antaboga Delta Securitas di Bank Century.

Pemanggilan Gita, ujar Bambang, untuk ditanyai mengenai akuisisi PT GNI dan PT NUS oleh Ancora. Polisi sendiri sebelumnya mengatakan Gita Wirjawan tak terlibat dalam kasus Century.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Direktur Pidana Khusus Mabes Polri, Brigjen Arief Sulistyanto, menyatakan Gita justru menjadi korban karena PT Ancora Land miliknya ikut membeli tanah dari PT GNU yang berasal dari Yayasan Fatmawati itu.

Ilustrasi bawang merah

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike

Indonesian Minister of Trade, Zulkifli Hasan revealed the cause of the increase in onions price.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024