Penembakan Brutal 4 Pembunuh Kopassus Disaksikan 31 Napi

TNI Ikut Berjaga di Lapas Cebongan Sleman, DIY
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVAnews - Ruang sel tahanan A5, Anggrek 5, Kelas II B, Lapas Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata tidak hanya dihuni empat tersangka pembunuh anggota Kopassus, Sertu Heru Santoso. Sel itu ternyata dihuni 31 tahanan lainnya. Total ada 35 napi dan tahanan yang menghuni sel tersebut.

Jadi peristiwa penembakan brutal yang menewaskan empat orang itu terjadi di depan mata 31 tahanan lainnya.

"Kondisi tahanan lain (yang menyaksikan) secara fisik sehat. Tapi secara psikologi saya tidak tahu, karena saya bukan orang psikologik," kata Kapolres Sleman AKBP Hery Sutrisman di Lapas Cebongan, Sabtu 23 Maret 2013.

Soal pelakunya apakah dari kalangan militer dan mengandung unsur balas dendam, Hery tidak mau berspekulasi.  "Jangan dulu menuduh pelakunya TNI, karena ini masih penyelidikan," kata dia.

Empat orang yang tewas ini adalah Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31), Yohanes Juan Mambait (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33). Tiga nama pertama tercatat sebagai warga Tegal Panggung, Yogyakarta. Sedangkan Dedi beralamat di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

Mereka ditangkap dan berstatus tersangka setelah terlibat penganiayaan yang menewaskan personel Kopassus dari Grup 2 Kopassus, Kandang Menjangan, Kartasura, Sertu Heru Santoso di Hugo's Cafe pada Selasa 19 Maret 2013 dinihari.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Di Lapas Cebongan, keempatnya merupakan tahanan titipan dari Polda DIY dan baru saja dipindahkan Jumat 22 Maret 2013 siang dengan alasan ruang tahanan Polda sedang direnovasi.  Namun belum sehari menghuni lapas, Sabtu dinihari mereka ditembak gerombolan kelompok bersenjata.

Meski Kapolda DIY Brigjen Pol Sabar Rahardjo menyatakan, penyerangan ada kaitan dengan kasus di Hugo's Cafe,  Asintel Kopassus, Letkol Infanteri Richard, membantah Kopassus terlibat dalam penyerangan tersebut.

Bahkan Kasi Intel Grup 2 Kopassus Kapten Infanteri, Wahyu Juniartoto, menjelaskan, sehingga tidak ada satupun personel yang melakukan kegiatan di luar.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024