Kemenkum HAM Fokus Pulihkan Trauma Penghuni Lapas Cebongan

Lapas Cebongan Sleman, DIY
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVAnews -  Kementerian Hukum dan HAM meningkatkan pengamanan di seluruh Lapas dan Rutan untuk mengantisipasi berulangnya kasus penyerangan kelompok bersenjata di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta. 
Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

"Kalau Kemenkum HAM tentu lebih ke arah pengamanan di Lapas dan di Rutan," ujar Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana di kantornya, Senin, 25 Maret 2013.
42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

Untuk pemulihan paska trauma, Denny mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemulihan psikologis dan bimbingan rohani terhadap warga binaan dan petugas di Lapas Cebongan. "Diharapkan bisa membantu pemulihan psikologis yang ada di Lapas Sleman," ujar Denny.
Truk Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

Mantan Staf Khusus Presiden Bidang Hukum itu mengimbau semua pihak tidak menduga-duga siapa pelaku penembakan di Lapas Cebongan. Sebaiknya semua pihak bersabar menunggu proses penyelidikan yang sedang dilakukan Polri.

"Siapapun pelakunya harus diungkap. Hukum tidak bisa berdasarkan dugaan, tapi hukum berdasarkan alat bukti," ucapnya

Dia menambahkan, seluruh pimpinan Kepolisian, TNI, dan Menkumham sepakat pelaku penyerangan Lapas Cebongan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan hukum. "Itu komitmen yang tidak bisa ditawar," tegasnya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya