Komnas HAM: Penyerangan Lapas Cebongan Aksi Barbar

Pasca Penyerbuan di Lapas Cebongan, Polisi Bersiaga
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVAnews -
Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menurunkan tim untuk menggali informasi dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Tim dipimpin langsung oleh Ketua Komnas HAM, Siti Nurlela. Mereka akan bekerja selama 3 hari untuk mendapatkan fakta-fakta terkait penyerangan sekelompok orang bersenjata yang menewaskan 4 tahanan.
Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen


"Ini merupakan pelanggaran HAM yang sangat serius," kata Nurlela di Lapas Cebongan, Sleman, DIY, Selasa 26 Maret 2013


Penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Komnas HAM tidak saja mengumpulkan informasi di Lapas Cebongan, tapi juga mendatangi penyidik, keluarga korban dan asrama di Lempuyangan, Yogyakarta.


"Komnas HAM ingin mendapatkan informasi yang valid dan komprehensif terkait aksi barbar yang menewaskan empat tahanan," tegasnya.


Selain itu, menurut Siti, banyak kejanggalan terkait pemindahan tahanan dari Polda DIY ke Lapas Cebongan terhadap 4 tahanan yang tewas diberondong senjata api. "Banyak kejanggalan dan belum diungkap," tuturnya.


Penembakan brutal yang dilakukan oleh kelompok bersenjata itu dilakukan pada Sabtu dinihari 23 Maret 2013.


Empat tahanan tewas ditembaki kelompok yang beraksi dengan penutup muka itu. Keempatnya adalah tahanan titipan Polda DIY yang terlibat dalam pengeroyokan yang menewaskan anggota Den Intel Kodam Diponegoro Serka Heru Sentosa, beberapa waktu lalu.  (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya