Polri Siap Kerjasama dengan TNI Usut Penyerangan LP Cebongan

Komnas HAM di Lapas Cebongan Sleman
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVAnews
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
- TNI Angkatan Darat membentuk tim investigasi untuk mengungkap pelaku penyerbuan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan sesuai dengan hasil penyelidikan sementara dari polisi yang menyatakan ada keterlibatan anggota TNI AD. Namun demikian sejauh ini Polda DIY hingga saat ini belum mendapatkan pemberitahuan ataupun surat resmi terkait dengan pembentukan tim investigasi dari TNI AD.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

“Meski demikian, kami siap bekerjasama untuk melakukan penyelidikan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Ajun Komisaris Besar Anny Pudjiastuti, Senin 1 April 2013.
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi


Sedangkan terkait dengan penyebaran foto-foto 4 korban di Lapas Cebongan yang dilakukan oleh seseorang melalui jejaring sosial Facebook yang cenderung memojokkan Polri, Anny mengatakan bahwa hak tersebut tidak akan mempengaruhi penyelidikan yang dilakukan oleh Polri. “Apa yang ditulis dalam Facebook adalah opini pribadi yang tidak perlu ditanggapi,” katanya.


Saat awal olah TKP, tidak hanya tim polisi saja yang ada di lokasi kejadian, namun ada dari instansi lainnya. Polisi sendiri tidak menyebarkan foto-foto di TKP sehingga dipastikan foto itu bukan dari polisi. “Yang jelas kami tidak merilis foto-foto dalam olah TKP dan saat awal olah TKP tidak hanya polisi yang ada di TKP,” ujarnya.


Lebih lanjut, Anny mengatakan 1 proyektil peluru yang diserahkan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia kepada Polda DIY juga dilakukan uji balistik bersama dengan proyektil lainnya yang ditemukan saat olah TKP berlangsung. “Saat ini juga kita masih menunggu hasil visum dan hasil uji balistik," katanya.


Empat tersangka pembunuhan seorang prajurit TNI yang dititipkan Polda DIY di Lapas Cebongan tewas ditembaki pasukan bersenjata. Pembunuhan di dalam penjara itu berlangsung cermat dan singkat diikuti dengan perampasan CCTV di penjara. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya