Wamenkum HAM: Ada Titik Terang Kasus Penyerangan di Sleman

Pasca Penyerbuan di Lapas Cebongan, Polisi Bersiaga
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVAnews  -
Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres
Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mengatakan sudah ada titik terang mengenai pengungkapan pelaku penyerangan Lapas Cebongan, Sleman DIY, yang menewaskan empat tahanan pada 23 Maret 2013  lalu.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

"Ada perkembangan positif. Hasil tim di lapangan menyebutkan ada titik terang siapa pelaku penyerangan tersebut," ujar Denny kepada wartawan, usai memberikan pembekalan terhadap CPNS di lingkungan Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Senin 1 April 2013.
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan


Namun Denny tidak merinci perkembangan positif penyelidikan kasus ini. Yang pasti dia optimistis kasus ini segera terungkap, sehingga bisa diketahui siapa pelakunya, dan apa motifnya.


Pekan lalu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo mengungkapkan atas instruksi Panglima, pihaknya telah membentuk tim investigasi kasus penyerangan di Lapas Cebongan, Sleman, DIY. Tim dibentuk setelah Panglima  menerima hasil penelusuran sementara tim investigasi Polri terkait kasus yang menewaskan 4 pelaku pembunuh Serka Heru Santoso.


"Hasil temuan sementara (polisi) ada keterlibatan anggota TNI AD," ujar Pramono Edhi, Jumat pekan lalu.


Pramono menegaskan, dalam melaksanakan tugasnya, tim investigasi TNI AD akan bekerjasama dengan tim investigasi Polri. Ini untuk menghindari adanya miskomunikasi yang bisa dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab.


Selain Polri dan TNI, pengusutan tewasnya empat tahanan itu jug dilakukan Komnas HAM.  Sejauh ini Komnas HAM sudah berkoordinasi dengan Polres Sleman, Polda DIY, hingga Gubernur DIY untuk mengusut kasus tewasnya empat tahanan dalam penyerbuan kelompok bersenjata itu. Hanya Kopassus yang belum berhasil ditembus, karena Komnas belum mengantungi izin dari Panglima.


Keterlibatan Komnas HAM ini disambut baik Kemenkum HAM. Sejauh ini, kata Denny, Komnas telah memberikan informasi dan data yang mereka temukan di lapangan. "Diharapkan ini bisa segera mengungkap apa yang terjadi," kata Denny. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya