Pemilih Potensial Jawa Timur 29,5 Juta Orang

Soekarwo alias Pakde Karwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
- Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di wilayahnya yang berjumlah 29.515.183 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim. DP4 diterima Ketua KPU Jatim, Andry Dewanto Achmad.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

"DP4 itu sebagai bahan acuan bagi KPU dalam menyusun Daftar Pemilih Sementara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 29 Agustus 2013," ujar Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Selasa 2 April 2013.
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan


DP4 disusun melalui serangkaian tahapan panjang yakni pertama, pembuatan database kependudukan, lalu pembuatan nomor induk kependudukan tunggal bagi semua penduduk, pemberian identitas yakni satu jiwa satu identitas dan satu dokumen kependudukan, pembersihan data ganda penduduk serta pemutahiran data melalui proses e-KTP.


Pada tanggal 6 Desember 2012 Pemprov Jatim menerima data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri, tertera jumlah pemilih di Jatim sebanyak 37.269.885 jiwa. Kemudian, 7 Februari 2013 dalam DP4 tertera 29.263.173 jiwa, ada pembenahan sebanyak 252.010.


Data itu selanjutnya menjadi dasar penetapan DP4 untuk Pilgub Jatim yakni sebanyak 29.515.183 jiwa. Kemudian, data itu oleh KPU dipakai dasar menyusun daftar pemilih sementara (DPS) dan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).


"Kami menyadari, meski sudah optimal mewujudkan DP4 yang akurat dan benar, namun masih dimungkinkan adanya kekurangan. Namun, kekurangan itu diharapkan dapat disempurnakan melalui proses pencocokan dan penelitian oleh KPU saat mewujudkan DPS menjadi DPT," katanya.


Sementara, di Pilgub Jatim nanti dipastikan dua nama akan bersaing, Soekarwo berpasangan dengan Saifullah Yusuf, dan Khofifah Indar Parawansah yang sampai saat ini belum dipastikan nama pendampingnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya