Datangi Pendopo Gubernur, Pendukung Bendera GAM Dihadang Aparat

Hormat bendera Aceh berlambang bulan bintang di rumah bekas petinggi GAM
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa
VIVAnews -
Hari Raya Idul Fitri Diharap Jadi Momentum Rekonsiliasi Politik Pasca Pilpres 2024
Sekitar seribu pendukung bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM)  yang mendatangi pendopo gubernur Aceh dihadang aparat.

Hari Kedua Lebaran, Penumpang KAI Commuter Line Naik 32 Persen

Rencananya, di pendopo ini, Kamis 4 April 2013 sekitar pukul 13.30 WIB, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan pemerintah Aceh akan membahas kembali mengenai penggunaan bendera GAM menjadi bendera Aceh.
Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba


Pantauan
VIVAnews
, ratusan aparat TNI dan Polri menjaga lokasi pertemuan. Sebanyak tiga panser sudah ditempatkan di sekitar pendopo. Ratusan TNI terlihat menyebar di sepanjang jalan menuju pendopo.


Para pendukung yang ingin mendekati lokasi pertemuan langsung dihadang oleh aparat. Mendapat hadangan dari aparat, massa yang sudah datang sejak semalam terus berorasi di sekitar lokasi pertemuan.


Pemerintah RI melalui Kementerian Dalam Negeri memberikan beberapa catatan atas pengesahan Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Lambang dan Bendera Aceh yang telah disahkan Gubernur dan DPR Aceh pada Jumat, 25 Maret 2013.


Pemerintah RI menganggap penggunaan bendera dan lambang GAM dalam bendera Aceh menyalahi Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2007 tentang Lambang Daerah. Berdasarkan peraturan itu, lambang daerah dilarang memuat unsur separatis.


Sementara DPRD dan pemerintah Aceh menyatakan bendera dan lambang GAM itulah yang telah dipilih rakyat Aceh untuk dijadikan sebagai bendera dan lambang Aceh. Penyusunan dan pengesahan qanun juga disebut telah sesuai dengan mekanisme.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya