BPK Telusuri Pelanggaran 5 Kasus Impor Daging Sapi

Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima jajaran pimpinan dan anggota Badan Pemeriksa Keuangan di kantor Kepresidenan, Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis 4 April 2013.

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Ketua BPK Hadi Poernomo menemui SBY didampingi Wakil Ketua BPK Hasan Bisri, Moermahadi Soerja Djanegara, Taufiequrachman Ruki, Agung Firman Sampurna, Ali Masykur Musa, Sapto Amal Damandari, Rizal Djalil, dan Bahrullah Akbar.

Sebelum bertemu Presiden, Ketua BPK Hadi Poernomo sempat memberikan keterangan soal temuan lembaganya terkait kelemahan sistem pengendalian impor dan ketidakpatuhan terhadap berbagai peraturan program swasembada daging sapi sepanjang tahun 2010 hingga tahun 2012, khususnya impor daging sapi.

“Terkait impor sapi itu kami dalami lagi apakah memenuhi 3 unsur di dalamnya, yaitu adakah perbuatan melawan hukum, adakah kerugian negara, dan apakah menguntungkan diri sendiri. Sekarang masih dalam proses penelusuran, baru konfirmasi di hilir,” ujar Hadi.

Hadi mengatakan, BPK akan meminta keterangan dan data pelengkap dari pihak-pihak terkait. Menurutnya, cukup sulit untuk memperoleh data-data tersebut. Oleh sebab itu BPK membutuhkan waktu untuk mendalaminya.

Penemuan 5 kasus impor daging sapi yang melanggar peraturan dan perizinan itu adalah impor tidak dilengkapi surat persetujuan pemasukan (SPP),  pemalsuan dokumen invoice pelengkap persetujuan impor barang (PIB), pemalsuan surat persetujuan impor daging sapi, impor dilakukan tanpa melalui prosedur karantina, dan mengubah nilai transaksi impor daging sapi supaya dapat membayar bea masuk lebih murah. Hingga saat ini BPK masih belum menghitung kerugian negara dalam kasus ini. (umi)

Jalan tol layang MBZ.

Buka Tutup Sementara Diberlakukan di Tol Layang MBZ

istem buka tutup sementara diberlakukan di Tol Layang MBZ arah Cikampek pada Rabu, 10 April 2024. Hal itu diketahui dari postingan akun resmi X PT Jasa Marga. Jalan Layan

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024