SBY: Prajurit Kopassus Penyerang Lapas Berjiwa Kesatria

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di HUT TNI ke-66
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS
Presiden Susilo Bambang Yudhyono menegaskan tindakan main hakim sendiri tidak dibenarkan dalam negara hukum, meski itu terjadi karena ada jiwa korsa dalam keyakinan 11 personel Kopassus penyerang Lapas Cebongan, Sleman, DIY.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Namun, SBY memujii para prajurit yang telah mengakui perbuatannya tersebut sebagai sikap bertanggung jawab dan berjiwa kesatria.
Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada


"Mereka siap terima sanksi, bagi saya itu berat. Mereka bertanggung jawab dan kesatria, itulah prajurit sejati yang harus ditunjukkan kepada seluruh rakyat Indonesia," kata SBY usai salat Jumat di Mesjid Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 5 April 2013.


SBY memahami jiwa korsa itu muncul karena perilaku sekelompok orang yang disebut preman dengan sadis membunuh Serka Heru Santoso, seorang Bintara Kopassus TNI AD. Akan tetapi, jiwa korsa seperti itu juga tidak dibenarkan.


"Saya harap semua pihak dukung proses penegakan hukum sebaik-baiknya kemudian petiklah pelajaran. Insya Allah, kehidupan di negeri kita makin tertib dan teratur," ucap SBY.


Ia pun mendukung langkah-langkah yang dilakukan TNI dan Polri untuk menegakkan hukum dan keadilan. "Berikan ruang seluas-luasnya untuk mereka bekerja secara profesional," kata dia. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya