NASIONAL

Jiwa Korsa Kopassus, Apa Itu?

Istilah ini dikenalkan oleh Napoleon Bonaparte.

ddd
Sabtu, 6 April 2013, 08:46 Denny Armandhanu
Pasukan Kopassus di Perayaan HUT TNI ke-67
Pasukan Kopassus di Perayaan HUT TNI ke-67 (REUTERS/Beawiharta)

VIVAnews - Sebanyak 11 orang anggota Komando Pasukan Khusus menyerang lapas Cebongan dan menewaskan empat orang napi. Insiden ini dilatarbelakangi  jiwa korsa yang dianut para prajurit.

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, jiwa korsa dalam peristiwa ini ditempatkan dalam posisi yang salah. Harusnya, jiwa korsa digunakan dalam pertempuran untuk menyatukan pasukan sehingga terorganisir dan tidak bergerak sendiri-sendiri.

"Ini teori peperangan yang dibuat oleh Napoleon Bonaparte, yaitu Esprit de corps. Pasukan satu sama lain harus membantu, melindungi, berbagi, mengingatkan, menjaga, dengan kata lain senasib sepenanggungan untuk bersama dalam satu unit memenangkan pertempuran," kata purnawirawan perwira TNI ini kepada VIVAnews, Sabtu 6 April 2013.

Hasanuddin mengatakan bahwa jiwa korsa adalah semangat positif yang sebenarnya dimiliki oleh setiap orang. Dalam kehidupan sehari-hari, kata dia, semangat ini juga tercermin dalam interaksi antar masyarakat.

"Wartawan itu punya jiwa korsa, jiwa satu korps, misalnya yang satu sakit, yang lain menjenguk," jelasnya.

Namun, penempatan jiwa korsa ini harus sesuai dengan keadaan. "Misalnya wartawan ada yang dipukul, lalu temannya yang lain balas memukul atau bahkan menusuk dan menghilangkan jiwa, ini salah," kata dia.

Soal penyerbuan anggota Kopassus ke lapas Cebongan, Hasanuddin mengatakan bahwa ini adalah pelanggaran hukum dan tidak bisa menyalahkan jiwa korsa.

"Saya tidak yakin ini hanya karena jiwa korsa semata, mungkin ada hal lain, termasuk soal disiplin. Kita sepakat, preman harus diberantas, tapi jangan melanggar hukum. Jangan menyalahkan jiwa korsa," ujarnya.

Ketua Tim Investigasi TNI AD Brigjen (CPM) Unggul K Yudhoyono menjelaskan, aksi yang dilakukan 11 personel Grup II Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura dilatarbelakangi jiwa korsa. Jiwa korsa mereka terbakar begitu mengetahui rekannya, Serka Heru Santosa, tewas mengenaskan akibat dikeroyok empat preman di Hugo's Cafe, pada 19 Maret 2013 lalu. Sebagian mereka baru turun latihan dari Gunung Lawu dan masih menenteng senjata.(umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
lorkalen
06/04/2013
jiwa korsa ya nggak untuk menghalalkan segala cara. kalo jiwa korsa cuma sebatas setia kawan membabibuta thok, ya nggak usah kopassus... anak sekolah aja tawuran rame2 karna temennya dipukuli, gak usah jadi tentara segala.. apa itu juga namanya jiwa korsa
Balas   • Laporkan
mr.moebyn | 07/04/2013 | Laporkan
ini dukung preman yaa :P ketahuan banget heheh
JIAH..PALING JUGA PADA MODUAR KARENA KEGEMUKAN DAN SERANGAN JANTUNG....
Balas   • Laporkan
darkzz
06/04/2013
Group Cebongan udh betul menurut saya,skrg preman smakin meresahkan,Aparat saja berani di lawan sampai di bunuh,ada lg Polisi mau grebek bndar judi malah di kroyok rame2 ampe mati,smakin brutal skrg ini.perlu ada Shock terapy.
Balas   • Laporkan
Yg melanggar hukum kan itu si pengeroyok empat preman dan membunuh! Kok HAM ga buka suara dlm hal tsb ?!
Balas   • Laporkan
syaugibsa | 06/04/2013 | Laporkan
Eh bung Djoko...apa si preman2 sialan itu nggak melanggar hukum??? Lebih baik preman2 itu mati daripada meresahkan warga.
darkzz | 06/04/2013 | Laporkan
@Arifmantap : HAM (Hak Asasi Manusia) apa tentara bkn manusia?? stiap kjadian kriminal apa ga melanggar HAM?? Hak utk hidup nyaman
arifmantap | 06/04/2013 | Laporkan
itu namanya kriminal, bukan ham, kalo pelanggaran HAM itu tentara membunuh rakyat/sipil
rayhawk
06/04/2013
bila perlu munculkan lagi PETRUS biar ga ada preman lg,kopassus tu martir negara sedangkan preman sampah yg jelas bnyak merenggut hak orang lain,yang nuntut2 ham di tv tu mantan penjahat kali ya atw mau terkenal kyk artis?
Balas   • Laporkan
opi_jkt
06/04/2013
tentara punya jiwa korsa yaitu kebersamaan, klo polisi punya jiwa fulus yaitu ada fulus semua muluss....
Balas   • Laporkan
lambock
06/04/2013
itu jiwa korsa TNI, kalo jiwa KORSA DPR = KORupsi berSAma..
Balas   • Laporkan
ntriandana
06/04/2013
kalo beliau masih dinas,pasti bapa yang satu ini komentarnya nggak begini...kalo saya dukung tindakan anggota KOPASSUS ah
Balas   • Laporkan
faniaditya
06/04/2013
anggota DPR sama aja ama komnas HAM bisanya menjustifikasi mencari popularitas,pada kemana anggota TNI di bunuh di papua,dengan begini Kopassus semakin bnyak dukungan dan simpati,Bravo kopassus!sekalian nitip ya tolong tembakin koruptor ama polisi korup.
Balas   • Laporkan
paijo78
06/04/2013
ngomong memang gampang, coba bayangkan saja, misal kakak,adek, ortu , istri atau orang yg kamu sayangi di bunuh preman, apa yg kamu lakuin, pasti ingin membalas utk membunuh juga, semgant membalas enam pasti membara, apalagi tentara......,
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com