NASIONAL

VIDEO: Kronologi Jatuhnya Lion Air ke Laut Bali

35 menit sebelum pesawat jatuh, cuaca di Ngurai Rai mulai gelap.
Minggu, 14 April 2013
Oleh : Anggi Kusumadewi
Pesawat Lion Air jatuh di Laut Bali.
VIVAnews – Pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-904 rute Bandung-Denpasar jatuh ke Laut Bali. Seluruh penumpang yang berjumlah 101 selamat. Namun, di antara mereka ada yang luka-luka, syok, dan trauma akibat kecelakaan itu.

Simak kronologi kecelakaan yang menimpa maskapai penerbangan pemborong Boeing dan Airbus itu di tautan video ini.

Pukul 12.48 WIB, pesawat Lion Air JT-904 terbang dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Pukul 15.00 WITA, kondisi cuaca di Bandara Ngurah Rai, Bali, sudah mulai gelap.

Pukul 15.35 WITA, pesawat Lion Air JT-904 seharusnya mendarat di landasan 09 Bandara Ngurah Rai, Bali. Namun, landasan 09 itu tidak dilengkapi dengan instrumen sistem pendaratan, sehingga ketinggian dan kecepatan pesawat menjelang pendaratan dikendalikan manual oleh pilot.

Pukul 15.35 WITA itu juga, pesawat Lion Air JT-904 jatuh ke perairan di dekat Bandara Ngurah Rai, hanya beberapa meter dari landasan. Pesawat tidak pernah mencapai landasan, dan langsung tercebur ke laut.

Pukul 15.40 WITA, petugas bandara dan tim penyelamat mengevakuasi penumpang. Saat itu, kondisi pintu darurat Lion Air sudah terbuka.

Pukul 16.20 WITA, evakuasi penumpang seluruhnya selesai dilakukan.

Ada beberapa kemungkinan penyebab pesawat jatuh, antara lain kecepatan pesawat saat mendarat kurang dari seharusnya, atau pesawat terhempas angin saat hendak mendarat. Hingga saat ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat itu. (art)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found