Tak Hadir Deklarasi Ganjar, Rustriningsih Kunjungi Pengungsi Banjir

Rustriningsih
Sumber :
  • VIVAnews/ Puspita Dewi
VIVAnews
Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral
- Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih memilih tidak hadir dalam deklarasi pemenangan pasangan calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko, yang dipimpin Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di Solo hari ini

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Meski sudah menerima undangan dari panitia, Rustri yang saat ini tercatat sebagai kader PDIP memilih menemani para pengungsi banjir besar yang melanda Demak, Kudus, dan Jepara.
Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah


Didampingi Bupati Jepara, Rustriningsih menyambangi Gelanggang Olah Raga Sepak Takraw Welahan--posko pusat yang berjumlah 11 ribu pengungsi banjir dari berbagai desa di kecamatan Welahan Jepara.


Kehadirannya disambut para pengungsi dengan suka cita. "Yang di GOR ini belum semuanya. Lebih banyak lagi yang ditampung di rumah-rumah penduduk," kata warga kepada Rustriningsih.


Kepada Rustriningsih para pengungsi mengatakan tak ada masalah dalam soal logistik. Namun mereka tetap merasa tidak nyaman dan kurang tidur. "Ini bukan hanya dari Jepara saja bu. Ada yang berasal dari kecamatan Mijen di kabupaten Demak juga," kata Wartini, salah satu pengungsi.


"Yang penting, semuanya tetap jaga diri agar tetap sehat. Anak-anak juga tetap harus dijaga kesehatannya," kata Rustriningsih menjawab.


Dialog menjadi menarik, karena para pengungsi justru bertanya kenapa Rustriningsih tidak ikut bursa calon gubernur. Beberapa diantara para pengungsi itu kemudian bercerita, belum ada satupun cagub yang ikut menengok mereka.


"Terus kami harus memilih siapa?" tanya Sukarni, pengungsi lainnya.


Rustriningsih hanya tersenyum saja dan tidak menjawab. Ia lalu meminta agar para pengungsi sabar. Dan jika membutuhkan apapun, khususnya yang berkaitan dengan logistik, agar menghubungi petugas pemerintahan.


Selain berkumpul dengan pengungsi, momentum kedatangan Rustriningsih dimanfaatkan para pendukungnya di wilayah timur Pantura. Mereka bertanya tentang sikap Rustriningsih, apakah akan mengalihkan dukungannya atau golput. Lagi-lagi Rustriningsih hanya tersenyum.


Saat ditanya soal ketidakhadirannya di deklarasi pasangan Ganjar-Heru yang didatangi Megawati, Rustri menjelaskan, ia memilih mengunjungi korban banjir, karena masih menjabat sebagai wakil gubernur. "Ini bukan persoalan loyalitas. Jelas sekali para pengungsi ini lebih membutuhkan dukungan saya," kata Rustri.


"Saya sampai sekarang masih kader PDIP. Saya belum menyatakan mundur, saya juga belum dipecat. Kalau saya tidak datang di lokasi banjir, jutaan warga Jateng akan mencaci saya. Tapi kalau saya tak datang di deklarasi, mungkin hanya beberapa orang saja yang kecewa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya