Gayus Tambunan Disebut Huni Rumah Mewah

Sidang Vonis Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Aset milik tersangka kasus suap hakim Setyabudi Tejo Cahyono, Toto Hutagalung yang berupa rumah tinggal, dibeli oleh keluarga Gayus Tambunan. Penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi tersebut, berdampak pada narapidana Gayus Tambunan yang ditengarai membeli rumah milik Toto sebagai rumah singgah bagi keluarga Gayus saat menjenguk di Lapas Sukamiskin Bandung.
Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Belakangan santer disebutkan, rumah di samping Lapas Sukamiskin yang hanya berjarak 300 meter itu setiap harinya ditempati oleh Gayus Tambunan.
Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Menanggapi kabar tersebut, pihak Kanwil Kemenkumham Jabar membantah bahwa Gayus Tambunan tinggal di rumah yang dibeli dari Toto Hutagalung tersebut.
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Kepala Kanwilkumham Jabar I Wayan K Dusak menyatakan, pihaknya sudah melakukan investigasi mengenai informasi tersebut, untuk menelusuri kebenarannya.

"Kami sudah melakukan investigasi sejak 5 hari lalu berita ini ramai, investigasi yang dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Dardianysah dengan anggota 5 orang. Melakukan pengecekan administrasi register Gayus keluar masuk tahanan," ujar Wayan saat jumpa pers di Kanwilkumham Jabar, Rabu 17 April 2013.

Menurut Wayan, keluar masuknya Gayus hanya pada saat dia tengah sakit ambeyen.

"Saya cek tak ada register keluar masuk lapas, yang diketahui kalapas. Kecuali saat sakit yang direkomendasikan pihak medis Lapas karena harus mendapatkan perawatan," kata dia.

Terkait rumah tersebut dibeli Gayus, serta bagaimana proses transaksinya menjadi kewenangan KPK.

"Perihal pembelian rumah kami tidak berwenang mengomentari, baik prosesnya maupun soal transaksinya menjadi kewenangan KPK," ujar Wayan.

Terpidana kasus mafia pajak, Gayus Tambunan, kini disel di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Arcamanik, Bandung. Mengikuti kepindahan sang kepala keluarga ke Bandung, istri dan anak Gayus kini juga bermigrasi ke Bandung.

Mereka bahkan menempati dua rumah mewah yang berlokasi tak jauh dari LP Sukamiskin. 

Rumah pertama yang paling dekat dengan Lapas Sukamiskin misalnya diduga ditinggali mertua Gayus. Rumah ini terletak di Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Bandung. Lokasinya berseberangan dengan Lapas Wanita Sukamiskin. Mertua Gayus membeli rumah berhalaman luas itu sejak September 2012.

Sementara istri Gayus, Milana Anggraeni, menempati rumah mewah lainnya di Komplek Taman Sari Bukit, Komplek Taman Sari Bukit, Dago, Arcamanik. Milana dan anak-anaknya sudah delapan bulan menempati rumah itu. Kabarnya rumah itu disewa dua tahun dengan harga Rp30 juta per tahun.

Rumah kontrakan istri Gayus dan anak-anaknya itu tampak diisi oleh pemiliknya. Terlihat empat pembantu rumah tangga bekerja di sana, dan kendaraan yang diduga milik Milana. Penghuni rumah sendiri tidak bersedia keluar. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya