Kabareskrim: Penyelidikan Pengeroyokan Anggota Kopassus Tak Dihentikan

Foto almarhum Serha Heru Santosa dibawa long march.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews – Polda DIY menyatakan menutup kasus pengeroyokan di Hugo’s Cafe, Sleman, yang menewaskan anggota Detasemen Pelaksana Intelijen (Den Intel) Kodam IV Diponegoro Serka Heru Santoso. Namun ucapan Polda DIY ini ternyata dibantah oleh Mabes Polri.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, Komisaris Jenderal Pol Sutarman, mengatakan proses penyelidikan kasus pengeroyokan terhadap Serka Heru akan tetap dilanjutkan. “Masih berjalan. Penyelidikan kasus Hugo’s Cafe tidak kami hentikan,” kata Sutarman usai acara penandatanganan MoU Komisi Yudisial-Kejaksaan Agung di kantor KY, Jakarta, Rabu 17 April 2013.

Menurut Sutarman, saat ini pihaknya sedang mengembangkan apakah ada tersangka lain selain empat tersangka yang tewas di Lapas Cebongan. Ia juga membantah penyelidikan Hugo’s Cafe dilimpahkan ke TNI. “Kalau yang Cebongan iya, kami limpahkan. Kalau yang Hugo’s tidak,” kata Sutarman.

Sutarman mengatakan, penyelidikan di Hugo’s Cafe bisa dihentikan jika tidak ada tersangka lain selain empat orang yang tewas di Lapas Cebongan. “Kita lihat nanti apakah pelakunya lebih dari empat. Itu yang kami cari tahu. Tapi kalau pelakunya hanya empat itu dan meninggal, berarti penyelidikan harus dihentikan,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana mengatakan kasus pengeroyokan anggota Kopassus ditutup karena minimnya alat bukti, setelah keempat pengeroyok Serka Heru tewas. Rekaman CCTV yang ada di Hugo’s Cafe juga tidak bisa membantu penyelidikan polisi.

“Memang banyak orang terekam di gambar CCTV. Namun yang terekam punya peran mengeroyok Serka Heru Santosa hingga tewas hanya empat orang yang sudah tewas di Lapas Cebongan. “Sesuai aturan, jika tersangka telah tewas, sakit keras, dan gila, maka kasus harus dihentikan,” ujar Haka Astana. (eh)

Baca juga:









Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
Tarisland

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Kini, official Tarisland semakin meningkatkan kegembiraannya dengan diumumkannya event Tarisland Superstar, sebuah langkah yang telah menciptakan kehebohan pada komunitas

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024