Bekas Lawan Jokowi Dilantik Jadi Wakil Walikota Solo

Walikota Solo dan wakilnya resmi dilantik
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews - Mantan pesaing Joko Widodo dalam Pilkada 2005, Ahmad Purnomo, hari ini dilantik menjadi Wakil Walikota (Wawali) Solo. Ia resmi mendampingi Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD Kota Solo pada 27 Februari 2013 lalu.
Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

FX Hadi Rudyatmo merupakan pasangan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, yang berhasil mengalahkan Ahmad Purnomo pada Pilkada 2005 lalu.
Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
 
Setelah ditinggal Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, jabatan Walikota Solo menjadi kosong. Wawali Surakarta saat itu, FX Hadi Rudyatmo secara otomatis langsung naik jabatan mengisi posisi Walikota Solo yang ditinggalkan Jokowi.
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
 
Ahmad Purnomo bukan nama baru di Solo. Mantan dosen di Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta itu juga merupakan seorang pengusaha yang cukup kondang di Solo. Ia ikut aktif dalam sejumlah kelompok organisasi sosial maupun organisasi masyrakat.
 
Pada Pilkada 2005, Ahmad Purnomo berpasangan dengan Istar Yulianto ikut mencalonkan diri sebagai pasangan Walikota dan wawali Solo melalui Partai Amant Nasional. Saat itu, pasangan tersebut dikalahkan oleh Jokowi - Rudy yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
 
Setelah terpilih menjadi Wakil Walikota pada rapat paripurna DPRD Kota Solo pada Februari lalu, kini DPRD Kota Solo menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan sisa masa jabatan tahun 2010 – 2015. Pelantikan Wakil Walikota Solo dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.
 
Sementara itu, dalam sambutannya usai melantik Ahmad Purnomo menjadi Wakil Walikota Solo, Bibit berpesan kepadanya supaya langsung segera bekerja, mengingat tenggat waktu yang tersisa dari pasangan walikota dan wakil walikota Solo hanya sampai tahun 2015 nanti.
 
"Waktu yang ada harus langsung berorientasi tugas. Jangan terlampau lama, biar walikotanya bisa istirahat. Tapi jangan sampai begitu, harusnya lebih kerja keras," canda dia, yang disambut dengan tawa oleh para hadirin yang memehuhi ruang sidang di DPRD Kota Solo.
 
Selanjutnya, Bibit juga memberikan penghargaan kepada walikota yang telah bekerja keras membangun Kota Solo. Adanya wakil wakilota diharapkan bisa membantu dalam menyejahterakan rakyat Solo. "Dengan kerja yang gigih dan keras, nanti akan membawa Solo semakin hari semakin tertata, baik, dan semakin menyejahterakan rakyat," ujar dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya