Bibit Yakin Warga Solo Dukung Dirinya Kembali Maju Cagub Jateng

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin
VIVAnews - Meski beberapa kali mengalami ketegangan dengan Pemerintah Kota Solo dan warga Solo, namun Calon Gubernur (Cagub) incumbent Jawa Tengah, Bibit Waluyo merasa yakin warga Solo dan sekitarnya akan memberikan dukungan kepada dirinya pada Pilgub Jawa Tengah Mei nanti.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Saya yakin-seyakinnya, nanti saudara-saudara saya di Solo akan sengkuyung (mendukung) saya pada pemilihan gubernur nanti," kata dia usai menghadiri acara pelantikan Wakil Walikota Solo di Gedung DPRD Kota Solo, Rabu 17 April 2013.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Lebih lanjut, Bibit beralasan bahwa munculnya dukungan tersebut lebih disebabkan  program-progam pembangunannya sangat riil dan terukur. "Dengan program 'Bali Ndeso Mbangun Ndeso' merupakan program yang riil. Apalagi, dengan program itu pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah mencapai 6,3 persen. Padahahal, pertumbuhan ekonomi nasional angkanya sekitar 6,2 persen," kata dia.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Dia mengungkapkan, hasil program tersebut juga berdampak terhadap produksi pertanian di Jawa Tengah, seperti halnya surplus beras yang mencapai 3,1 juta ton . 

"Dengan hasil yang surplus, kita bisa menyangga ketahanan pangan nasional hampir 15 sampai 16 persen. Itu hasil dari Jawa Tengah," papar Bibit.

Dengan program 'Bali Ndeso Mbangun Ndeso', lanjut dia, bisa diaplikasikan ke daerah perkotaan seperti halnya Kota Solo. Jadi, tidak hanya desa yang rejo (makmur) tapi daerah perkotaan juga ikutan makmur. "Desa dan kota itu sama saja. Desane rejo, kotanya juga ikut rejo. Desane sengsara, kota juga ikut  tambah sengsara," ujarnya.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai hasil survei LSI, Bibit mengaku kalau dirinya kurang mendapatkan dukungan dari pemilih Solo dan sekitarnya yang merupakan basis utama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Meski demikian, ia optimistis tetap akan mendapatkan banyak dukungan dari pemilih karena progamnya cukup jelas.

"Tapi dari survei LSI itu juga diketahui pemilih saya dari semua lintas partai. Yang mencalonkan saya adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, tetapi dari survei diketahui pemilih saya berasal dari semua parpol peserta pemilu, ya memang persentasenya berbeda," jelasnya.

Dalam pidatonya di pelantikan wakil walikota Solo, ia mengungkapkan hasil kinerjanya sebagai gubernur yang berhasil membangun poros Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang telah dicanangkan sejak Orde Baru.

Bahkan, ia pamer jika selama memegang gubernur, program itu sudah terlaksana dengan pembuatan jalan tol Semarang – Solo. "Nanti Semarang – Solo hanya akan ditempuh dalam waktu pendek, sehingga ekonomi di daerah tersebut akan berkembang pesat," ujar dia.

Lantas, ia menargetkan bahwa 2014 nanti, pembangunan jalan tol tersebut akan selesai. "Joglosemar itu nunggu Bibit kok. Saya ini, sebetulnya diam-diam bakti saya untuk saudaraku di Solo dan sekitarnya ini kan luar biasa. Tapi ya, memang di sini saya selalu dicela. Salah saya itu ya apa, loh kok selalu dipersalahkan? Tapi ya tidak apa-apa, saya tetap kerja keras sajalah. Kerja, loyal, tegak lurus," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya