Ada Mistis di Harta Irjen Djoko Susilo?

Djoko Susilo menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga sejumlah harta milik mantan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Djoko Susilo, berasal dari tindak pidana korupsi sejak yang bersangkutan menjadi Kapolres Bekasi pada 2001. Pernyataan Jaksa yang tertuang dalam dakwaan itu dibantah keras pengacara Djoko, M Nasrullah.

Dihubungi VIVAnews, Rabu 24 April 2013, Nasrullah mengklaim bahwa harta kekayaaan kliennya yang disita KPK, bukan hasil korupsi. Meski, menurut KPK, yang mencapai puluhan miliar Rupiah.

"Djoko itu punya bisnis. Awalnya, tahun 1990, dia dapat uang Rp197 juta. Uang ini kemudian diputar dalam bisnis berlian," kata Nasrullah. Namun, dia tidak menjelaskan asal usul uang Rp197 juta tersebut.

Dari situ, menurut Nasrullah, Djoko mendapat uang yang kemudian dibelikan sejumlah aset. Tak hanya berlian, imbuhnya, Djoko pun berbisnis keris. Bisnis keris itu pun sudah dimulai kliennya sebelum 2003.

"Harga satu keris bisa miliaran. Ada saja orang asing yang tertarik membeli keris Pak Djoko," tukasnya.

Keris dan mistis
Nasrullah menambahkan, kliennya punya orang kepercayaan dalam menjalankan bisnis keris. Menurut Nasrullah, orang ini 'mampu' mengambil keris dari sebuah upacara. "Ini agak mistis. Orang ini punya kekuatan dalam mengambil keris begitu lah," kata Nasrullah.

Tanpa mau menyebutkan nama orang kepercayaan Djoko itu, Nasrullah mengaku, sebenarnya tidak percaya pada hal-hal mistis. "Tapi, saya juga tidak bisa menutup mata bahwa hal-hal mistis itu ada di lingkungan kita," imbuhnya.

Bahkan, imbuhnya, KPK sudah memeriksa orang tersebut. Dalam pemeriksaan, yang bersangkutan sudah menjelaskan hal mistis di seputar keris yang diperjualbelikan Djoko.

"Orang itu sempat bilang, 'kalau penyidik mau mengambil keris (menyita), silakan saja. Tapi, saya tidak tanggung jawab kalau ada apa-apa yang bakal terjadi pada kalian'," kutip Nasrullah.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Dengan demikian, Nasrullah berkesimpulan, KPK hanya mengandalkan prasangka dalam menyita aset kliennya. Sebab, penambahan harta Djoko, menurutnya, wajar dengan bisnis perhiasan dan keris itu. "Kami akan buktikan di pengadilan nanti."

Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024