Kemendikbud Klaim Ujian Nasional SMP Berjalan Baik

UN Siswa SMP
Sumber :
  • Antara/Regina Safri

VIVAnews – Ujian Nasional (UN) tingkat SMP berakhir hari ini, Kamis 25 April 2013. Tidak seperti UN tingkat SMA, yang dinilai mempunyai banyak kendala, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim UN SMP berjalan dengan baik. Tingkat permasalahan dinilai turun dibanding tahun lalu.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemedikbud, Teuku Ramli Zakaria, mengatakan banyak guru, siswa, dan pengawas ujian di banyak sekolah SMP yang mengatakan ujian berjalan baik.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

“Dari 20 naskah soal, siswa belajar dengan tenang. Mereka bisa konsentrasi pada soal yang ada di depan mereka dan bekerja dengan optimal,” kata Ramli di gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Meskipun demikian, Ramli tak menampik masih ada laporan masalah pada UN SMP ini seperti di Sumatera Barat yang menyatakan ujian sudah lancar, tapi soal tidak lengkap.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Khairil Anwar Notodiputro, memohon maaf kepada seruluh masyarakat bahwa masih terjadi permasalahan UN SMA terkait kendala teknis sehingga ada penggesaran hari.

“Tapi alhamdulillah, UN SMP sudah sangat lancar,” ujar Khairil di tempat yang sama. Menurutnya, UN SMP kali ini diikuti 3.717.498 siswa dari 57.163. Untuk memantau UN SMP ini, Kemendikbud melibatkan 417.266 pengawas.

Pengaduan Menurun

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Khairil juga menyampaikan, pengaduan ke posko mengenai UN SMP mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. “Tahun sebelumnya ada 997 laporan, tahun ini menjadi 931 laporan. Laporan kecurangan misalnya turun dari 258 pada tahun 2012, sekarang hanya 13. Turun hampir 200 kali lipat,” ujarnya.

Kebocoran soal tahun lalu terdapat 85 kasus, dan tahun ini hanya enam. “Namun laporan kekurangan naskah ujian tahun lalu hanya 4, sekarang 16,” kata Khairil.

Ia menyimpulkan, dari hasil pantauan UN SMP dari mulai persiapan sampai usai,  tidak ditemukan masalah besar. “Ini menjadi obat penawar bagi kita semua, di mana UN SMA yang ada masalah teknis, terobati dengan UN SMP yang jauh lebih lancar,” ujar Khairil. (ren)

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024