May Day, Ribuan Buruh Bekasi Gelar Zikir Akbar Pagi Ini

May Day 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran
Ribuan buruh Bekasi akan menggelar zikir dan doa bersama untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), hari ini, Rabu 1 Mei 2013.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Cabang Kota dan Kabupaten Bekasi, R Abdullah mengatakan, kegiatan yang digagas SPSI dan Forum Investor Bekasi ini akan digelar di lapangan samping PT Sowa di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Acara dimulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB.
2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya


Acara zikir dan doa bersama yang baru pertama kali dilaksanakan untuk memperingati May Day di Bekasi ini dipilih karena kaum buruh ingin juga mendekatkan diri kepada sang Pencipta.


"Juga sebagai bentuk sujud syukur, karena di Kota dan Kabupaten Bekasi tahun ini permasalahan buruh sudah mampu diselesaikan hingga 90 persen," kata Abdullah, Selasa 30 April 2013.


"Biasanya setiap May Day, kami teriak-teriak di depan patung kuda dekat Istana Negara, ataupun di depan patung Sudirman, Jakarta. Kali ini kita teriak-teriaknya sama Tuhan, supaya doa kita dikabulkan," katanya.


Rencananya, zikir dan doa bersama akan dipimpin Ustaz Arifin Ilham, dan dihadiri Menteri Tenaga kerja Muhaimin Iskandar dan Menteri Agama Suryadarma Ali, serta Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.


"Setelah acara, kami akan berikan petisi kepada Bupati. Isinya agar Pengadilan Hubungan Industrial bisa didirikan di Bekasi, serta agar Dinas Tenaga Kerja meningkatkan pengawasannya terhadap perusahaan," kata Abdullah.


Meskipun sudah membuat kegiatan rohani untuk peringatan May Day di Bekasi, namun SPSI Bekasi tetap mempersilakan anggotanya yang akan melakukan aksi di jalanan. Berdasarkan laporan, setidaknya ada sembilan ribu buruh dari SPSI Bekasi yang akan berunjukrasa di Jakarta, seperti ke Bundaran HI dan Istana Negara.


"Mereka akan berangkat sekitar pukul 08.30 WIB. Titik kumpul di kantor SPSI Bekasi serta di beberapa kawasan industri," tutur Abdullah.


Sejumlah tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi itu, di antaranya menekankan tahun 2013 sebagai tahun penegakan hukum ketenagakerjaan, memastikan 1 Mei sebagai hari libur Nasional. Serta mendesak agar Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bisa dilaksanakan tepat waktu yakni 1 Januari 2014. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya