Balas Budi, Jokowi Jadi Jurkam PAS di Pilgub Bali

Megawati dan Jokowi Menghadiri Gerakan Nelayan Tani Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bakal diterjunkan ke Bali untuk memompa semangat simpatisan pasangan kandidat gubernur Anak Agung Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan. Dua kader tulen PDI Perjuangan yang bertarung di Pilgub Bali 15 Mei 2013.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristianto, beberapa juru kampanye tingkat nasional juga dipastikan hadir untuk pasangan Puspayoga-Sukrawan.
Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic


Bahkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengawal langsung berorasi dalam kampanye terbuka.


"Ibu Megawati akan datang tanggal 6 Mei dan berkampanye pada 7 Mei sampai tanggal 9 Mei," jelas Hasto usai menghadiri kampanye PAS di Kota Klungkung, Bali, Rabu 1 Mei 2013.


Jokowi akan lebih dahulu datang pada tangal 4 Mei dan bakal memompa semangat kader dan simpatisan PDIP pada 5 Mei di Denpasar.


Kehadiran dua elit PDIP itu, kata Hasto, sebagai bukti bahwa partainya memberi perhatian serius terhadap Pilgub Bali karena menjadi baromoter politik nasional.


Sejak awal, kata dia, semangat partainya adalah gotong royong. Sehingga saat kampanye juga akan mengerahkan tokoh-tokoh PDIP sendiri di tingkat pusat.


Jokowi, kata Hasto, selain memiliki alasan tanggung jawab partai untuk menjadi jurkam di Bali, juga punya 'utang budi' saat pilkada DKI Jakarta.


Menurutnya, Puspayoga dan Ketua DPD PDIP Bali Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi alias Tjok Rat, turut berperan dalam pemenangan Jokowi.


"Waktu itu Pak Tjok Rat dan Puspayoga hadir dengan mengumpulkan warga asal Bali di Jakarta untuk mendukung pemenangan Jokowi. Sehingga untuk alasan itu juga Pak Jokowi datang memberikan dukungan ke paket PAS," jelas Hato.


Selain itu, keberhasilan pilkada DKI yang berlangsung aman dan damai bisa menjadi inspirasi bagi Bali yang akan menggelar hajatan serupa. Puspayoga sendiri juga dinilai telah mempraktikkan berpolitik secara santun dan keteladanan saat kampanye.


"Bali dilihat dari sejarah, aspek sosial dan kulturalnya sangat menghargai kesantunan dan kedamaian. Dan, itu sejak awal telah ditunjukkan Puspayoga dan Sukrawan," ucapnya.


Jurkam nasional yang siap berkampanye untuk pasangan Puspayoga dan Sukrawan antara lain, Sekjen Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Puan Maharani, Rieke Dyah Pitaloka dan Rano Karno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya