Perbudakan Buruh, Kadin Minta Pemilik Pabrik Ditindak Tegas

Pabrik wajan di Tangerang
Sumber :
  • ANTARA/Lucky R

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyesalkan praktik perbudakan terhadap buruh pabrik wajan di Kampung Bayur Opak, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang.

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

"Seharusnya hal-hal seperti itu sudah tidak terjadi, karena sudah seharusnya industri kecil atau besar menghormati hak-hak asasi manusia terhadap pekerja," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Tenaga Kerja Benny Soetrisno, Senin 6 Mei 2013.

Menurut Benny, pengawasan harus ditingkatkan oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait, tak terkecuali masyarakat. Pemerintah diminta memperhatikan agar kasus serupa tidak terulang lagi.

"Kami harapkan kasus ini tidak serta-merta mencederai dunia usaha yang terus berupaya berbenah dalam perbaikan hubungan industrial," ujar Benny.

Selain itu, menurut dia, aparat hukum harus bertindak tegas dengan menjatuhkan sanksi kepada pengusaha "nakal" yang melakukan praktik-praktik perbudakan dan memperlakukan pekerjanya secara tidak manusiawi.

"Ditindak tegas dengan hukuman yang setimpal sesuai undang-undang yang berlaku, dan kami benar-benar mengutuk tindakan tak manusiawi seperti itu," tandas Benny.

Selain undang-undang pidana umum, tersangka penyekapan buruh dapat dituntut dengan pasal berlapis karena berkaitan dengan UU ketenagakerjaan, UU perindustrian dan UU perlindungan anak, mengingat ada dua orang pekerja masih di bawah umur.

Selama kurang lebih tiga bulan, para buruh disekap, disiksa dan dipekerjakan tanpa diberi gaji. "Bila perlu izin usahanya dicabut karena pelanggarannya sudah berat dan semoga hukum yang diberikan bisa membuat jera pelakunya," kata Benny.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Priyo Budi Santoso mengaku tak bisa menerima praktik perbudakan. Dia mengaku sangat terkejut, atas apa yang terjadi di wilayah yang tak jauh dari ibu kota Jakarta.

Dia berharap Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta pihak-pihak terkait untuk memeriksa apa yang sebenarnya terjadi di pabrik peralatan rumah tangga itu. Priyo juga berharap pemilik perusahaan itu diperiksa apakah masih sehat secara mental.

"Ini masih reses, saya anjurkan dalam kesempatan pertama DPR akan panggil Menakertrans dan pihak terkait untuk memastikan, apakah pemerintah kita proaktif," ujar dia.

Sampai saat ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum bereaksi atas perbudakan buruh di Tangerang ini. Padahal, kata Priyo, biasanya SBY sangat reaktif dengan pemberitaan seperti ini.

"Mungkin beliau sibuk. Tapi saya kira perasaannya sama dengan saya. Siapa tahu beliau sudah menghubungi menakertrans. Mungkin nanti kita lihat apakah mentweet atau tidak, saya juga sudah jadi followernya," katanya (umi)

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024