Operasi Preman se-Jabar, Polda Targetkan Jaring 400 Preman

Razia preman di wilayah Semarang, Jawa Tengah (10/04/2013)
Sumber :
VIVAnews
Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti
-  Polda Jawa Barat mentargetkan akan menjaring 400 preman yang berada di wilayah hukum Polda Jabar dalam sehari. Kegiatan operasi dilakukan dalam menciptakan suasana jabar yang kondusif dan bebas dari aksi premanisme.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya mengatakan, operasi ini merupakan gabungan dari jajaran Polda Jabar dan beberapa instansi terkait.
Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai


"Operasi dilakukan untuk penanggulangan aksi premanisme di jabar, mudah-mudahan jabar kondusif," katanya usai upacara Operasi Terpadu Premanisme di halaman Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu 8 Mei 2013.


Anis menambahkan, salah satu alasan dilakukannya operasi karena angka kriminalitas di Jabar tergolong tinggi. Oleh sebab itu, operasi kali ini menyasar pada kelompok atau perorangan di beberapa tempat keramaian seperti terminal, tempat hiburan, pusat keramaian, dan kawasan pendidikan.


"Teknisnya, kami nanti melakukan penangkapan dan pembinaan. Kalau ada orang melanggar tindak pidana, misal memeras dan bawa senjata tajam, kami proses sesuai kententuan hukum berlaku," tegas Anis.


Sementara itu Kepala Biro Operasi Polda Jabar Kombes Pol Martanto mengatakan,  operasi yang berlangsung pekan depan ini akan melibatkan 950 personel aparat gabungan dari unsur Polri, TNI, Kejaksaan, dan Pemda.


"Sasaran kita adalah 400 orang preman yang perilakunya menyimpang atau meresahkan warga. Kalau ditemukan preman yang melakukan tindak kriminalitas maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Jika ada preman melibatkan oknum TNI, diserahkan ke Puspom. Sementara oknum Polri ke Provost," tuturnya.


Dia menegaskan, rencananya preman yang terjaring akan dibina di markas Komando Pendidikan dan Pelatihan Resimen Induk Daerah Militer (Dodik Rindam) III/Siliwangi, Cikole, Lembang, Jabar. "Nanti akan kita bina selama satu minggu disana," tutupnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya