1 Terduga Teroris Ditangkap, 3 Bertahan di Kontrakan

Rumah terduga teroris di Soreang Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • Riefki Farandika Pratama (Bandung)
VIVAnews - Tim Datasemen Khusus Anti Teror 88 berhasil menangkap seorang terduga teroris berinisial HR (25) dalam penggerebekan di sebuah rumah kontrakan di Kampung Batu Rengat, RT 02/RW 08 Desa Cigondewah Hilir, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu 8 Mei 2013. Aparat masih mencoba menangkap tiga orang lainnya. 
Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Wakil Kepala Polda Jawa Barat Brigjen Pol. Rycko Ahmelza Daniel menjelaskan HR dalam keadaan sehat saat ditangkap. Polisi masih berupaya menangkap tiga lainnya yang masih bertahan di kontrakan. Lima jam sudah mereka melawan dan terlibat baku tembak dengan petugas. 
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

"Awalnya kami di tahap peringatan, kemudian negosiasi meminta pelaku untuk menyerahkan diri. Namun justru ada tembakan dari dalam," ucapnya.
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Dia menambahkan, rumah kontrakan itu diduga berisi empat orang yang kuat diduga adalah teroris. "Ada bahan peledak aktif. Kami lakukan pencegahan efektif, dalam radius 1 km dikosongkan," kata Rycko. 

Sejak awal pengepungan, polisi sudah memberikan peringatan kapada mereka supaya menyerahkan diri. Namun, peringatan ini dibalas dengan beberapa tembakan dan lemparan bom pipa dari dalam rumah kontrakan. 

Rycko memaparkan penggerebekan dimulai dengan pengepungan. Namun, hingga pukul 17.00, peringatan polisi tidak digubris. "Kami lakukan tindakan yang efektif dan terukur, namun hanya untuk melumpuhkan mereka," dia memaparkan.

Terlihat sejumlah petugas Brimob Polda masuk ke lokasi dengan membawa sejumlah peralatan penjinak bom dan senjata lengkap. (kd)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya