KPK akan Periksa Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin Hari Ini

Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi akan memeriksa Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera, Hilmi Aminuddin, terkait kasus suap kuota impor daging sapi, Jumat 10 Mei 2013. Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa sejumlah politisi PKS.

“Hilmi Aminuddin diperiksa untuk tersangka Luthfi Hasan Ishaaq hari Jumat ini,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi. Surat panggilan terhadap Hilmi sudah dilayangkan KPK sejak 7 Mei kemarin.

Selain Hilmi, Senin pekan depan KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Presiden PKS Anis Matta. Tak seperti Hilmi yang diperiksa untuk Luthfi Hasan, Anis Matta diperiksa untuk tersangka Ahmad Fathanah, orang dekat Luthfi Hasan.

Selasa, 7 Mei 2013, KPK telah memeriksa adik Anis Matta, Saldi Matta. Ia diperiksa sebagai saksi untuk Ahmad Fathanah. Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan beberapa tersangka, yakni Lutfhi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah, Dirut PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman. Sementara dua lainnya sudah berstatus terdakwa, yakni Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi.

Berharap tak dipolitisasi

Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid berharap pemanggilan KPK terhadap sejumlah petinggi partai Islam itu tak dikaitkan dengan ranah politik. KPK sendiri menyampaikan surat panggilan itu secara langsung ke Dewan Pimpinan Pusat PKS.

“Ini adalah mekanisme hukum yang sudah berjalan. Tidak perlu keluar dari itu (ranah hukum),” kata Hidayat. Menurutnya, PKS tidak akan menghalang-halangi pemeriksaan terhadap para pejabatnya bila itu untuk membantu proses hukum.

Kasus suap daging sapi impor ini bermula saat Ahmad Fathanah ditangkap KPK, 29 Januari 2013. Dari operasi tangkap tangan tersebut, KPK menyita uang Rp1 miliar dari tangan Fathanah. Uang itu berasal dari dua pejabat perusahaan importir daging PT Indoguna Utama, dan ditujukan untuk Luthfi Hasan. (umi)

Baca juga:

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024