RS Moewardi Rawat Pasien Suspect Flu Burung

Mengantisipasi Pandemi Flu Burung
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang
- Rumah Sakit dr Moewardi, Solo, melakukan perawatan khusus terhadap warga Mojolaban, Sukahorjo yang terindikasi suspect flu burung (Avian Influenza). Pria berinisial S yang sudah berusia 70 tahun itu menjalani perawatan khusus di ruang isolasi.

Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

Menurut humas RS dr Moewardi, dr Eliza, pria lanjut usia itu sudah dirawat sejak tiga hari yang lalu. Dia memiliki riwayat kontak dengan unggas yang mati terjangkit AI.
DPRD Kota Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Wali Kota Tahun 2023


Dia ditempatkan di ruang isolasi karena statusnya sebagai pasien dengan status suspect flu burung. Selama tiga hari dalam perawatan, kondisi pasien memang mengalami kemajuan. Namun, untuk memastikan mengenai penyakit yang dideritanya, rumah sakit masih menunggu hasil tes laboratorium.


"Berdasarkan pemeriksaan awal terhadap S memang tidak ditemukan pneumonia atau infeksi paru-paru. Namun, leukosit darah pasien jauh di bawah normal," katanya saat ditemui di rumah sakit, Jumat, 10 Mei 2013.


Menurut Eliza status suspect flu burung sengaja ditetapkan untuk pasien S. Pasalnya sebelum sakit, lelaki paruh baya ini mengalami kontak dengan puluhan ayam yang mati mendadak dan telah dinyatakan terkena AI. Lantas S mengalami sakit dan selanjutnya dikirim ke RS dr Moewardi untuk perawatan khusus.


Eliza menjelaskn pihaknya akan tetap menerapkan status suspect flu burung terhadap pasien tersebut hingga ada hasil laboratorium. Selama pasien masih dinyatakan suspect, seluruh biaya perawatan masih akan ditanggung pemerintah. "Status berikutnya akan ditentukan berdasarkan hasil laboratorium," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya