Pesawat Jatuh di Mesuji, Pilot Tewas

Ilustrasi kecelakaan pesawat
Sumber :

VIVAnews - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung merilis jatuhnya sebuah pesawat penyemprot pupuk jenis Fletcher FU 24-950 milik perusahaan sawit PT Sumber Indah Perkasa (SIP) di wilayah perkebunan sawit di Mesuji. Pesawat jatuh sekitar tiga menit setelah lepas landas, Sabtu 11 2013, sekitar pukul 11.30 WIB.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih mengatakan, kecelakaan tersebut menyebabkan seorang pilot tewas.

"Pilot tersebut bernama Muhammad Adipura (46 tahun), asal Bogor. Ia tewas dengan kondisi terluka parah di bagian kepala dan kakinya patah. Kondisi pesawat pun ringsek. Almarhum bertempat tinggal di Vila Duta RT 02/11, Bogor," katanya.

Menurut Sulistyaningsih, lokasi jatuhnya pesawat yang digunakan untuk menyemprot pupuk itu tepat di wilayah Merah Tiga, Desa Sidang Gunung Tiga, Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Lampung. Kawasan ini masih termasuk di dalam kawasan perkebunan sawit PT SIP.

Kepala Desa Sidang Gunung Tiga Yusuf Arafuli (30) yang dihubungi VIVAnews mengungkapkan, ia sempat melihat pesawat tersebut lepas landas.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

"Sekitar tiga menit kemudian, pesawat hilang dari langit, hanya terdengar suara baling-balingnya saja. Tidak tahunya jatuh di dekat kantor (PT SIP) Merah Tiga," ujarnya.

Beruntung, pesawat yang mengangkut 1,3 ton pupuk itu jatuh tidak sampai menimpa pemukiman penduduk di wilayah Desa Sidang Gunung Tiga. Warga sempat kaget mendengar ada suara benda besar jatuh itu.

Padahal, kata Yusuf, saat itu cuacanya cerah, tidak hujan, dan tidak ada angin kencang. Penyebab jatuhnya pesawat tersebut kini masih diselidiki pihak kepolisian Lampung

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024