KPU Buka Pendaftaran Calon Gubernur Jawa Timur

Bambang DH dan Said Abdullah
Sumber :
  • VIVAnews/Darmawan
VIVAnews
Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mulai membuka pendaftaran bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Pendaftaran dibuka mulai hari ini, 13 Mei 2013 sampai 19 Mei 2013.

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

"Khusus hari terakhir dibuka hingga tepat pukul 24.00 WIB," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jatim, Agus Mahfudz Fauzi, Senin 13 Mei 2013.
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas


Di hari pertama ini, belum ada satu pasangan bakal calon gubernur yang mendaftarkan diri. "Mungkin karena masih awal, jadi masih sepi," kata Agus.


Terkait kesiapan, sejumlah petugas khusus dijadwalkan untuk menerima pasangan bacagub yang akan mendaftar.


Sementara, hingga saat ini, dari empat wacana bacagub Jatim hanya dua yang sudah menyampaikan waktu pendaftarannya. Pertama, pasangan bacagub Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang akan mendaftarkan diri ke KPU Jatim pada 18 Mei 2013. Pasangan itu diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dan, saat mendaftar, Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung dijadwalkan ikut mendampingi calonnya.    


Kemudian pada 15 Mei 2013, pasangan bacagub jalur perseorangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat yang akan mendaftar ke KPU Jatim.

   

"Sedangkan, bacagub lainnya belum ada yang menyampaikan waktu pendaftaran. Hanya ada beberapa perwakilan dari bacagub yang bertanya tentang teknis pendaftaran secara detil," katanya.

   

Salah satunya, lanjut dia, pada hari ini perwakilan tim dari Bacagub Khofifah Indar Parawansa mendatangi KPU, menanyakan teknis pelaksanaan pendaftaran, termasuk berkas dan dokumen apa saja yang akan dibawa ketika mendaftar.


Juga Soekarwo, ditemui di Pembukaan Kantor Bawaslu Jatim sore tadi mengatakan masih mencari 'hari baik' untuk mendaftarkan diri. "Tunggu saja, soalnya saya juga akan rundingan dulu dengan Gus Ipul (Saifullah Yusuf) untuk tentukan hari baik," ucap Soekarwo singkat.


Pakde Karwo, panggilannya, saat mendaftar juga akan menyertakan 10 parpol pengusung dan puluhan parpol nonparlemen ke KPU Jatim.

Sepuluh parpol itu adalah Partai Demokrat, Hanura, Golkar, PDS, PKNU, Gerindra, PPP, PKS, PAN dan PBR.


Sementara, parpol yang hingga saat ini belum memberikan rekomendasi dukungan adalah PAN dan Gerindra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya